30 Peserta Ikuti Bimbingan Pengembangan Sumberdaya Nelayan

TANJUNGPANDAN: Hari ini, Selasa 5 November 2019, di Pondok Kelapa Resto, Tanjungpandan digelar kegiatan bimbingan pemgembangan sumberdaya nelayan.

Acara ini dibuka Kadin Perikanan Kabupaten Belitung Firdaus Zamri S.Pi yang dihadiri Kabid Perikanan Tangkap Ade Winarko S.St.Pi. dan Penyuluh PNS dan Penyuluh Perikanan Bantu yang mewakili setiap KUB masing-masing.

Pada kegiatan ini dikuti 30 peserta yang berasal dari masing masing perwakilan Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan setiap kecamatan dalam wilayah Kabupaten Belitung.

Adapun acara ini menghadirkan narasumber diantaranya Cucu Nuraeini,S.Pi yang memberi materi tentang kelompok usaha bersama dalam pembentukan kelompok yang harus didampingi penyuluh perikanan sehingga kelompok tersebut bisa mengetahui tata cara pembentukannya.

IMG 20191105 WA0008
Selain itu, pemateri berikutnya adalah Khoiril Mustafa S.Kel yaitu pengembangan sumber daya nelayan melalui KUB (Kelompok Usaha Bersama). KUB  adalah usaha non badan hukum yang dibentuk nelayan berdasarkan kesepakatan bersama untuk berusaha bersama dan dipertanggungjawabkan secara bersama guna meningkatkan pendapatan anggota dan kelompok yang disahkan lembaga yang berwenang.

Jumlah KUB dalam satu kelompok sebanyak 10 orang.Tujuannya adalah  untuk meningkatkan keuntungan usaha perikanan tangkap sehingga menguntungkan anggota dan pada akhirnya meningkatan pendapatan anggota kelompok.

Sementara itu,  Ade Hotman S.Kel pemberi materi tentang pengisian administrasi kelompok seperti AD/ART kelompok, buku tamu, buku kas dan lain lain.

Adapun peserta kegiatan diantaranya.
KUB Karang Paur Kelurahan Tanjungpendam
KUB Bintang Laut Desa Air Saga
KUB Elang Laut Desa Juru Seberang
KUB Camar Laut Desa Juru Seberang
KUB Teripang Laut Desa Juru Seberang
KUB Gusong Munun Desa Mentigi
KUB Gusong Lingka Desa Mentigi
KUB Pelema Desa Mentigi
KUB Terumbu Cepun Desa Gunung Riting
KUB Pemburu Desa Selat Nasik
KUB Kerapu Desa Suak Gual
KUB Doa Putra Desa Tanjung Binga
KUB Kerapu Sunu Desa Tanjung Tinggi
KUB Blue Marlin Desa Tanjung tinggi
KUB Maju Jaya 1 Desa Air Selumar