Home / Pilkada / Anggaran Pilkada Belitung 2018 Sudah Siap

Anggaran Pilkada Belitung 2018 Sudah Siap

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Belitung kini sudah semakin dekat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung pun telah mengajukan anggaran dana pilkada tahun 2018 mendatang kepada pemerintah daerah kabupaten Belitung, pada beberapa waktu yang lalu.

Dari hasil pertemuan dan pembahasan dengan pemerintah, anggaran yang diajukan tesebut pada dasarnya secara keseluruhan untuk anggaran pemilihan bupati dan wakil bupati Belitung akan dilaksanakan secara serentak tahun 2018 sudah selesai pembahasan dan dapat disetujui.

Ketua KPU Kabupaten Belitung Soni Kurniawan SH yang dihubungi trawangnews.com di Kantor KPU Belitung pada hari ini, Senin pagi 5 Juni 2017 membenarkan telah mengajukan anggaran dana tersebut guna untuk pelaksanaan pilkada Belitung tahun 2018 mendatang.

Menurut Soni, anggaran yang diajukan ke pemerintah daerah seluruhnya adalah 16 , 7 Milliar untuk pelaksanaan pilkada hingga selesainya kegiatan pilkada tersebut. Dana anggaran itu, kata Sony sudah sesuai dengan standar harga dan pembiayaan berkenaan dengan pilkada tersebut. Soni menyebutkan anggaran dana sebesar tersebut merupakan realisasi untuk dua tahun anggaran yaitu tahun 2017 dan anggaran tahun 2018 yang akan dituangkan dalam satu NPHD.

Mengenai penggunaan dana anggaran tersebut nantinya kata Soni akan dilaksanakan bila dimulai saat tahapan pilkada hingga selesai pilkada. “Jadi, anggaran itu akan digunakan ketika sudah masuk tahapan pilkada 2017 dan tahapan berikutnya tahun 2018. Tahap pertama untuk anggaran digunakan pada tahun 2017 dan selanjutnya tahap berikutnya sisa lainnya anggaran digunakan tahun 2018 sesuai dengan agenda pilkada. Dan pembiayaan itu meliputi mulai pelaksanaan, tahapan acara sosialisasi, penyuluhan teknis, kampanye, serta berbagai hal yang berkaitan dengan kegiatan pilkada. Dan pengelolaan keuangan pun sesuai dengan acuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah maupun peraturan KPU (PKPU) ,” ungkap Soni.

Untuk mengupayakan hal itu, Soni mengaku sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah guna melakukan pembahasan anggaran sebesar tersebut. ”Sebelumnya kita sudah pernah bahas anggaran ini bersama pemerintah daerah. Dan pada hari ini juga kita pertemuan dengan pemkab Belitung untuk membahas anggaran pilkada Belitung. Setelah dilakukan berbagai pertemuan maka secara keseluruhan untuk anggaran pemilihan bupati dan wakil bupati Belitung yang akan dilaksanakan secara serentak tahun 2018 sudah selesai pembahasan dan dapat disetujui,” ungkap Soni.

Sambil menunggu Peraturan KPU (PKPU) tentang tahapan program dan jadwal selesai pengesahan dari KPU RI, kata Soni, KPU segera membahas dan penandatanganan NPHD. *trawangnews.com