Home / Pilkada / APA KOMENTAR BTP SOAL PILKADA BELTIM
Basuki Tjahja Purnama (BTP)

APA KOMENTAR BTP SOAL PILKADA BELTIM

Bagikan :

MANGGAR: Pilkda (pemilihan kepala faerah) Kabupaten Belitung Timur tahun 2020 ini tanpa keikutsertaan dari saudara kandung atau adik kandung Basuki Tjahja Purnama (BTP) yang kini Komisaris Utama Pertamina juga Bupati pertama Kabupaten Beltim.

Padahal Pilkada Beltim tahun 2010 dan 2015 kontestasi sempat diikuti adik BTP yakni Basuri Tjahaja Purnama.

Dalam menanggapi dua kandidat bakal paslon yang rencananya akan ikut perhelatan pemilihan peminpin satu hati bangun negeri ini Basuki sempat menyambut baik kedua paslon yang akan berhadapan satu lawan satu itu. “Bagus” ucap Basuki singkat, Kamis (20/8/2020) malam.

Marwansyah S.Si, pengamat politik lokal dari Lembaga Demokrasi Lokal (Leksikal) Bangka Belitung sebut bahwa dalam kandidasi pilkada 2020 Beltim kali ini hampir diprediksikan hanya akan ada dua paslon yang akan melenggang menjadi Calon Bupati Beltim kendati hingga pendaftaran 4 sampai 6 September 2020 mendatang meskipun masih terbuka peluang bagi nama yang digadang-gadang asal diusung partai pemilik kursi di dewan Beltim.

Namun dua paslon yang kini namanya santer disebut kabarnya telah berhasil mengaet parpol pemilik kursi di dewan yakni paslon Burhanudin (Aan) dan Khairil Anwar diusung koalisi 2 partai Golkar dan PKS, serta paslon Yuri Kemal Fadlullah dan Nurdiansyah (Anca) merupakan gabungan 7 parpol PDIP, PBB, Nasdem, Hanura, Perindo, Demokrat dan PAN.

“Keberhasilan kedua paslon dalam mengaet parpol agar usung mereka sudah satu capaian. Bahkan hampir saja 10 parpol punya kursi di dewan Beltim terdistribusi habis partainya kepada dua paslon ini baik itu Aan dan Khairil ataupun ke Yuri dan Anca. Untuk itu kita tunggu saja resminya ketika mendaftar ke KPU, ” ujar Marwansyah, Direktur Eksekutif Leksikal Babel.*