Bahar Sebut Kampus Harus Mampu Ciptakan Wirausahawan

BALI: Jiwa kewirausahaan dikalangan Kampus harus mulai ditumbuhkembangkan kepada generasi muda. Melalui peran perguruan tinggi inilah salah satu wadah lulusan untuk mencetak wirausahawan yang unggul.

Hal itu terungkap seperti yang dikutif dari bbbtime.com pada saat Anggota DPD RI, Bahar Buasan menjadi pembicara pada Festival Wirausaha Unud 2017 di Kampus Jalan Sudirman Denpasar beberapa hari yang lalu.

Menurut anggota DPD RI perwakilan Bangka Belitung ini, perguruan tinggi mampu menanamkan jiwa kewirausahaan dan mencetak lulusan yang unggul sehingga menjadi wirausahawan yang handal.
Bahar mengungkapkan jumlah wirausahawan di Indonesia hanya 1, 65 persen masih sedikit bila dibandingkan dengan jumlah penduduk. Hal ini kata Bahar, perlu ditumbuhkan jiwa kewirausahaan terutama pada generasi muda.

Untuk membangun jiwa kewirausahaan tersebut, tambah Bahar, perlu untuk membangun alur dan pola pikir mahasiswa untuk menjadi wirausahawan dengan mengubah budaya bekerja pada orang lain menjadi budaya bekerja sendiri.

“Kecenderungan, masih banyak generasi muda yang menganggap bekerja sebagai PNS adalah hal utama. Ini perlu diubah,”ungkapnya
Karena itu, modal untuk menjadi wirausahawa, lanjut Bahar, adalah keberanian melihat sebuah peluang dan harus memiliki cara berpikir yang berbeda dari orang pada umumnya.

Selain itu, kata Bahar, peran kampus sangat penting dalam membangun jiwa wirausaha. Sebuah bangsa akan maju jika wirausahanya maju. “Kemampuan kreatif dan inovatif perlu dikembangkan, sehingga mahasiswa setelah tamat kuliah mampu menciptakan lapangan kerja sendiri dan tidak tergantung pada orang lain,” pungkasnya.*trawangnews.com