Home / EDITORIAL / Sosok Abdul Fatah Lantas Apa Harapannya Setelah Dilantik Menjadi Wagub

Sosok Abdul Fatah Lantas Apa Harapannya Setelah Dilantik Menjadi Wagub

Bagikan :
  • 200
    Shares

Sulit dibantah, di era kabupaten Belitung antara tahun 2010 hingga 2013. Pasalnya, diantara tahun tersebut, posisi Abdul Fatah dipercaya menjadi sekda Belitung pada era Bupati Belitung Darmansyah Husein. Ia dilantik menjadi sekda tanggal 23 Desember 2010, atau akhir tahun 2010. Abdul Fatah ketika itu menggantikan H Mulgani, yang memasuki masa pensiun. Abdul Fatah pun berakhir masa tugasnya pada pertengahan tahun 2013.

Seperti diketahui, Sekda, tentunya punya peran tak sedikit. Disamping membantu Bupati dan Wakil Bupati dalam berbagai bidang, Sekda juga menjadi salah satu indicator kemajuan sebuah pembangunan. Mulai pembinaan birokrasi hingga masalah percepatan pembangunan daerah.

Karena Peran prestasi ini tidak bisa dibilang sebelah mata. Apalagi, sosok Abdul Fatah sebelumnya, pejabat di lingkungan kementerian Departemen Dalam Negeri serta berbagai penugasan di berbagai wilayah daerah memiliki pengalaman dalam hal penataan birokrasi.

Dengan berbagai pengalaman itulah Abdul Fatah dinilai punya terobosan yang cemerlang untuk kabupaten Belitung ketika itu.
Karena itu, ketika mulai bertugas sebagai Sekda, Abdul Fatah melakukan berbagai terobosan. Pembenahan birokrasi dari Sekda yang sebelumnya.

Lalu, memperbaiki, serta melakukan pembenahan di lintas sektor. Mulai tingkat kelurahan, Kecamatan, hingga satuan kerja di lingkungan sekretariat maupun Badan atau Dinas di Pemerintah Kabupaten Belitung. Pola kerja pembenahan birokrasi ini adalah lanjut Abdul Fatah, sebagai bagian upaya untuk menunjang proses pembangunan di segala bidang. Karena itu, berkat berbagai terobosan itulah, prestasi dan capaian kerja Belitung cukup baik dan membanggakan.

Taklah heran bila di tahun 2011, misalnya. Kabupaten Belitung meraih berbagai prestasi. Berbagai lomba desa dan kelurahan terbaik sempat diraih. Tingkat provinsi Babel, Desa Perpat Kecamatan Membalong dan Kelurahan Kota Kecamatan Tanjungpandan mendapat juara terbaik I.

Baca Juga :  Kilas Balik Pilgub BABEL 2017

Bukan hanya itu. Di tahun 2012, Kabupaten Belitung pun menorehkan prestasi. Kali ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan penghargaan Adi Bakti Mina Bahari (AMB tahun 2012) tingkat Nasional. Penghargaan itu diberikan atas bentuk apresiasi d kementerian kelautan dan perikanan atas peran aktif dan kepedulian pemangku kepentingan dalam pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan. Tahun 2012, Belitung juga berhasil meraih prestasi dibidang pemerintahan dan pembinaan desa. Diantaranya, Pemenang lomba desa/Kelurahan tingkat provinsi Bangka Belitung. Yakni, Desa Batu Itam Kecamatan Sijuk yang menjadi pemenang pertama lomba Desa dan Kelurahan Parit Kecamatan Tanjungpandan pemenang ketiga lomba kelurahan.

Begitu pun, penghargaan dari menteri dalam negeri kepada Kabupaten Belitung atas penyelenggaraan E-KTP yang dilakukan capaian kerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Belitung.

Pun di tahun 2013, prestasi pun diraih berbagai capaian prestasi. Penghargaan dari kementerian Hukum dan HAM RI juga diraih dari kabupaten Belitung.

Tak hanya itu, berbagai capaian pembangunan, berkat terobosandari berbagai pembenahan berbagai sektor membuat pencapaian dalam bidang pembangunan serta peningkatan akses perekonomian daerah ketika itu. Seperti terselenggaranya Sail Belitong di bidang kepariwisataan yang sudah digelar beberapa tahun lalu, serta penataan birokrasi berbagai sector serta sarana dan prasarana dalam penunjang pembangunan pun dilakukan semasa Sekda Abdul Fatah.

Begitu pun, pengembangan kabupaten Belitung pun diraih hingga kini Belitung mendapatkan target Destinasi Wisata, KEK pariwisata Tanjung Kelayang, serta pengembangan pelabuhan Tanjung Batu serta pembangunan lainnya. Buah itu tak lepas dari sepak terjang kepimpinan Ir Darmasyah Husein dengan Sekdanya Abdul Fatah maupun H Sahani Saleh S.Sos.

Memang saja, dari semua prestasi yang diraih, Fateng tak mau mengada-ada bahkan merendah diri. Justru, bagi dirinya prestasi itu adalah tak lepas dari dukungan semua pihak, terutama seluruh elemen masyarakat Belitung.

Baca Juga :  Mantan Dandim Belitung Ambil Formulir Cabup & Cawabup Ke Gerindra

Lantas bagaimana harapan kedepan bila nantinya sudah dilantik menjadi wakil gubernur Babel ?Banyak warga berharap agar Abdul Fatah menjadi lebih baik dari sebelumnya.”Kedepankan pelayanan public bagi masyarakat untuk wilayah Bangka Belitung,” ungkap Hamzah Amir, sosok putra Belitung yang sempat mengenyam pendidikan di Universitas Indonesia. (Wawancara Kru trawangnews.com Sunanti dan Samsi Usman dengan Drs. Abdul Fatah MSi, beberapa waktu yang lalu).*trawangnews.com