Home / Wisata Belitung / Belitung Bisa Tiru Yogya Kembangkan Masjid Jadi Wisata Religi

Belitung Bisa Tiru Yogya Kembangkan Masjid Jadi Wisata Religi

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Masjid tidak hanya sekadar tempat ibadah, dan dakwah, tetapi bisa menjadi tempat berkesenian, sosial hingga penggerak perekonomian. Bahkan masjid pun dilengkapi dengan sebuah hotel, satu aula, dan dua ruang musafir. Bahkan masjid ini kini menjadi bagian dari wisata religi pada umat Islam.

Seperti dikutif diliputan6.com terungkap di Yogyakarata ada masjid yang selain tempat ibadah, juga dilengkapi dengan hotel. Namanya, Masjid Jogokariyan. Hotel masjid Jogokariyan ini dilengkapi 10 kamar reguler dan satu kamar VIP. Masjid ini saat ini banyak dikunjungi para jemaah dari luar daerah yang berkunjung sebagai salah satu wisata religus. Di masjid ini luas 1600 meter persegi ini juga menyediakan bagi para musafir. Ada beberapa ruangan dan aula besar yang dipersiapkan. Berbagai kegiatan yang digelar di masjid ini dalam bentuk syiar dakwah, pendidikan hingga kegiatan lainnya yang berkaitan peribadan umat Islam.
Karena menjadi salah satu kawasan yang reprensatif dari masjid ini, makanya pemerintah setempat menetapkan sebagai kawasan wisata rohani. Hal ini karena ini kegiatan dimasjid ini begitu banyak, seperti kampong ramadhan yang menjadi ciri khas kota Yogkarta.

Di Belitung bagaimana? Nah semua itu berpulang kepada masyarakat dan pemerintah. Ada banyak masjid yang bisa dijadikan wisata religi. Misalnya, perlu digagas kawasan wisata religius. Katakanlah ada masjid yang tertua berdiri di Belitung seperti masjid di Kaki Gunung Parang Bulo (di balai Hulu) Belantu, Kecamatan Membalong atau masjid yang di Kampung Badau, kecamatan Badau. Dua masjid ini terbilang memiliki sejarah yang tidak bisa dilupakan bagi pengembangan Islam di Belitung.

Bila pemerintah daerah ingin menciptakan wisata religius tentu bisa memiliki manfaat dan menjadi salah satu wisata rohani di Belitung. Apalagi pemerintah kabupaten Belitung tengah giat-giatnya mengembangkan sektor kepariwisataan. Dan tak ada salahnya bila mencontoh seperti di Yogyakarta, dengan Masjid Jogokariyan sebagai kawasan wisata religius. (Foto: Liputan6.com) *trawangnews.com