Home / EDITORIAL / Belitung Timur Banyak Lahir Politisi Elit

Belitung Timur Banyak Lahir Politisi Elit

Bagikan :
  • 718
    Shares

Yunani adalah negara penghasil para filsuf dunia tetapi ada satu kota dimana di kota itu adalah tempat lahir para filsuf ternama sebut saja dari Thales,Anaximander hingga Anaximenes,Nama kota itu adalah Miletus dulu termasuk wilayah yunani saat ini masuk dalam Provinsi Aydin Turki.

Begitupun dengan Belitung Timur wajib bangga karena di daerah ini tempat lahir para Top Politisi Elit Indonesia yang mampu berkiprah dari level paling atas sebagai Mentri hingga berkiprah sebagai Wakil Gubernur.

Belitung Timur atau lebih populer disebut BELTIM adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Bangka Belitung,Populasi penduduk Belitung timur tidaklah sepadat seperti kota Pangkalpinang maupun Kabupaten Belitung,tetapi daerah ini bertuah banyak melahirkan Tokoh-Tokoh Ternama yang mumpuni yang membuat wangi bukan saja membuat bangga Belitung Timur tetapi juga ikut membuat Bangga sebagian besar Masyarakat Babel.

Siapakah para Top Politisi Elit yang lahir di Belitung Timur,kali ini Team Litbang Redaksi Trawangnews menyajikannya untuk Anda.

1. Yusril Ihza Mahendra

Orang Manggar yang mengharumkan Belitung Timur di kancah nasional dari posisi Ketua Partai Hingga Menteri pernah disandangnya. Saat jadi mentri, Yusril banyak berperan penting terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah pusat. Yusril dipercaya menjadi Menteri bukan hanya karena berkat posisinya sebagai ketua partai akan tetapi kecerdasannya juga lah yang membuat jatuh hati seorang presiden terhadap Yusril

2. Basuki Tjahaja Purnama

Orang Gantung di Belitung Timur ini mengharumkan nama daerahnya hingga pelosok internasional pernah menjabat Anggota Dpr Ri hingga berkiprah menjadi Gubernur di Pusat ibukota Negara.

3. Yusron Ihza Mahendra

Orang Manggar Belitung Timur dan masih saudara kandung dari  Yusril. Ia pernah menjabat Anggota DPR RI dan Dubes Jepang. Yusron banyak berperan penting ketika menjadi Anggota DPR RI termasuk saat menjadi DUBES di Jepang Yusron berperan meningkatkan hubungan Jepang dan Indonesia menjadi semakin Erat.

Baca Juga :  Nizar Optimis Menyongsong Pilkada Belitung

4. Darmansyah Husein

Orang Gantung Belitung Timur ini pernah menjabat berkarir sebagai Anggota DPR RI dan berperan penting di parlemen ikut mensukseskan DPR di era Repormasi dan juga salah satu inisiator bersama tokoh-tokoh lain nya dalam Pembentukan Provinsi Babel,Darmansyah banyak berperan penting bersama para tokoh-tokoh lainnya seperti Yusril di dalam pembentukan perjuangan meng Goal kan Babel menjadi Provinsi.

5.Muhammad Muas

Orang Buding Kelapa Kampit Belitung Timur ini pernah menjadi Anggota DPR RI pada masa orde baru,ketika itu pada zaman orde baru tidak gampang menjadi anggota parlemen. Ini pencapaian luar biasa seorang politisi ulung dari BELTIM yang mampu duduk di pusat. Muhammad Muas saat ini berkarir di jakarta sebagai ketua bidang Relawan PMI.

6. Abdul Fatah

Orang Gantung Belitung timur ini adalah wakil gubernur terpilih Bangka Belitung 2017 hingga 2022. Sebelumnya,Ia pernah melanglang buana sebagai Sekda Belitung di era pemerintahan Darmansyah Husein ketika Darmansyah menjadi Bupati Belitung Ia juga sempat berkarir juga di Kemendagri RI di Jakarta dan akhirnya  dipercaya menjadi Wakil Gubernur terpilih sekaligus membuat bangga kampung kelahirannya di Gantung.

Catatan Redaksi : Kami menampilkan Nama-Nama di atas sesuai Skala Jabatan Nasional atau Minimal pernah ada di posisi Level Eksekutif Provinsi seperti posisi Gubernur atau Wagub.

Foto : Istimewa

Sumber : LITBANG Research and Development Trawangnews.com