Home / Wisata Belitung / Berkat KEK Pariwisata,Nelayan dan Jasa Travel Raup Untung Besar

Berkat KEK Pariwisata,Nelayan dan Jasa Travel Raup Untung Besar

Bagikan :

Pukul 09.00 Waktu Indonesia Barat, Arbaien, Warga Desa Tanjung Binga Sijuk, berada di Pinggir pantai. Lelaki paroh baya ini, mulai menghidupkan mesin Perahu motor. Mengisi bahan bakar, hingga membersihkan beraneka kotoran di dalam perahu itu.

Sekitar pukul 10.00 Wib, pekerjaan itu sudah klar. Ia mulai bersiap-siap untuk membawa tamu penumpang dari Jakarta yang sudah tiba di Belitung. Dari hotel, mereka akan tiba di kawasan Tanjung Binga. Untuk kemudian, mereka akan berangkat ke pulau Lengkuas, Kecamatan Sijuk, Belitung Induk.

Sebelum berangkat, sebuah bungkusan makanan nasi padang, rokok hingga dua botol Aqua dan Sebotol Kopi dipersiapkan diatas kapal perahu. Tiba di pulau Lengkuas, Roni pun usai menakodai kapal perahu, ia santai sejenak. Disela-sela waktu itu, ia manfaatkan untuk makan serta menikmati sajian kopi pahit di pingiran pantai Lengkuas.

Begitulah aktivitas roni sehari-hari bila ada tamu ia langsung mengantarkan kemana mereka mau. Selanjutnya, mengantarkan kembali setelah mereka usai untuk berekreasi.

Memang saja, saban waktu, aktivitas Arbaie lebih banyak kepada urusan rental kapal motor, ketimbang urusan nelayan.Maklum, sebelum berprofesi sebagai tukang rental motor kapal. Arbaie berprofesi nelayan. Bertahun-tahun ia berprofesi sebagai nelayan buat tambahan hidup.

“Berjuang di laut, untuk hidup beberapa keluarga di rumah,” kenang Arbaie.

Bila dulu berpakaian compang camping, tapi bila sekarang Arbaie tampak berpakaian secara pas. Ia juga harus pandai menempatkan sebagai pembawa kapal motor.

“Maklum supan kan majelis, men baju ndak benar. Apalagi ada nok melenter-melenter naik kapal,” gurauannya.
Pengusaha Travel Pun Ikut Kecipratan Rezeki Booming dari pariwisata Belitung setidaknya membuat ketiban rezeki bagi kalangan pengelola travel. Mereka rupanya memanfaatkan moment wisata untuk mengaiz rezeki.

Baca Juga :  Alih Profesi Demi Raup Untung Dari KEK Pariwisata

Salah satu dari sekian pelaku wisata, Lengkuas Travel yang beralamat di Jalan Air Ketekok 21 Tanjungpandan Belitung, Escape Jolly Barito, salah seorang pengelola travel di Belitung tak menampikan hal itu. Ia menyebut prospek jasa travel memang dimungkingkan di kabupaten Belitung apalagi kini sudah ditetapkan sebagai kawasan wisata saat ini.
“Alhamdulilah usaha jasa travel mulai bangkit,”ungkap Escape.

Escape menyebut saat ini dirinya sudah mendatangkan ratusan turis mancanegara ke Belitung melalui jasa travel yang dikembangkan selama ini. “Beruntung KEK Pariwisata sudah ditetapkan pemerintah pusat. Ini merupakan langkah maju bagi warga untuk berusaha dibidang pariwisata,” ungkap Escape.

Escape menilai dengan hadirnya KEK tentunya akan memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat Belitung.
“Ia berharap sektor ini nantinya bisa berperan penting dalam pengembangan sektor kepariwisataan di Kabupaten Belitung,” ungkap Eskep.

Disinggung menyangkut pendapatan yang diraih sebagai pemilik usaha travel, Eskep tak terlalu merinci pendapatan yang diraih setiap bulan. “Yang jelas setiap bulan bisa untuk kebutuhan keluarga,” kata Eskep