Home / Sejarah / Bersejarah Di Belitong Pada Oktober, Dikibarkannya Bendera Merah Putih
Foto: arah.com

Bersejarah Di Belitong Pada Oktober, Dikibarkannya Bendera Merah Putih

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Kejadian yang sangat bersejarah bagi urang Belitong pada bulan Oktober 1945 di pulau Belitung adalah saat-saat pengibaran bendera merah putih di Belitung dan Belitung Timur sebagai tanda diumumkan kemerdekaan RI di Belitung. Bila secara nasional, pengumuman dan sekaligus pengibaran bendera merah putih tanggal 17 Agustus 1945, di Jalan Pengangsaan Timur 56 Jakarta.

Sementara, di pulau Belitung diumumkan dan sekaligus pengibaran bendera merah putih serta dukungan rakyat Belitung terhadap kemerdekaan RI terjadi bulan oktober 1945.

Disebutkan dalam buku sejarah perjuangan rakyat Belitung tahun 1924-1945, saat kepimpinan K.A. Muhamad Yusuf diputuskan untuk mengumumkan kemerdekaan kepada rakyat Tanjungpandan 16 Oktober 1945 yang bertempat di Gedung sekolah HIS (sekarang SMP 1 Tanjungpandan).

Sedangkan di Belitung Timur, pengumuman kemerdekaan dan sekaligus pengibaran bendera merah putih lebih cepat pada tanggal 12 Oktober 1945, yang bertempat di Taman Kemajuan GMB Lipat Kajang Manggar. *Buku Sejarah Perjuangan Rakyat Belitung 1924-1950.