Home / Kelakar / Cara Banyuwangi Tingkatkan Pengunjung Lewat Kalender Wisata. Bagaimana Belitung?

Cara Banyuwangi Tingkatkan Pengunjung Lewat Kalender Wisata. Bagaimana Belitung?

Bagikan :

Berbagai macam cara dan upaya untuk menaikkan target pengunjung wisatawan pada sebuah wilayah provinsi atau kabupaten.

Contohnya di Banyuwangi. Guna peningkatan target wisata, mereka melalui gerakan pemerintah daerah bersama masyarakat mengelar berbagai event selama satu tahun dalam bentuk kalender wisata.

Di Banyuwangi pada tahun 2017, hampir setiap bulan digelar festival Banyuwangi sebagai upaya untuk menargetkan sektor pariwisata di wilayah itu.

Dari Festival Kuwung, Banyuwangi Etho Carnival hingga beragam acara tampilan yang disuguhkan untuk memikat pariwisata.

Tak tanggung-tanggung sekitar 72 event festival digelar dalam setahun untuk memoles dan mendatangkan target pengunjung berwisata ke Banyuwangi.

Asal tahu saja, Bayuwangi adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini terletak di ujun paling timur pulau jawa.

Kabupaten inilah yang juga giat-giatnya mempromosikan wisata sebagai upaya untuk menaikan sektor Pendapatan Asli Daerah di wilayah itu.

Bagaimana dengan Belitung? “tentunya tidak perlu malu meniru dengan cara-cara daerah mengembangkannya,”ungkap salah satu pelaku wisata yang sempat dihubungi trawangnews.com

Kata dia, untuk menopang pariwisata tentunya peran instansi setempat untuk lebih banyak membuat kalender wisata.

“Dan memang, ini berkaitan dengan promosi dalam bentuk APBD daerah untuk mensupport kegiatan tersebut.

Di Banyuwangi,hampir 72 event yang digelar selama setahun dengan dukungan melalui instansi tertentu sebagai public relation atau untuk kemasan budaya, antraksi dan kegiatan lain melalui APBD,” ungkapnya.

Menurutnya, upaya untuk menaikkan target wisata memang tak lain dan tak bukan adalah kalender wisata merupakan suatu keharusan yang harus dilaksanakan pada sebuah kabupaten/kota yang menfokuskan sektor pariwisata.

”Yang penting niat ada, itu pasti terealisasi. Ini sikap dari eksekutif dan legislatif harus seiring bersama untuk memajukan pariwisata,” ungkapnya.

*Foto diambil dari tourtravelbanyuwangi.com /salah satu agenda tahunan di Bayuwangi dalam rangka menarik minat wisatawan) trawangnews.com