Home / Bangka Belitung / Cendikia Matematika UGM Sambangi SMAN 1 Gantong

Cendikia Matematika UGM Sambangi SMAN 1 Gantong

Bagikan :
  • 159
    Shares

GANTUNG: Salah satu unsur penting dari dunia kampus adalah implementasi keilmuan dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat.

Hal ini ditunjukan sejumlah cendikia dari Departemen Matematika Universitas Gadjah Mada (UGM) baru-baru ini mendatangi kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur (11/05/2018).

Adapun para cendikia dari departemen matematika Universitas Gadjah Mada (UGM) tersebut diantaranya yaitu, Dr. Adithya Ronnie Effendi, MSc. Bidangnya aktuaria, Dr. Solikhatun, M.Si. bidangnya matematika terapan, Dr. Diah Junia Eksi Palupi, S.U. bidang Aljabar.

Dari pemantaun trawangnews.com, kedatangan ilmuan matematika tersebut bermaksud untuk mengadakan pengabdian masyarakat. Pengabdian pada masyarakat (abdimas) ini penting bagi dunia akademis, karena dengan pengabdian kepada masyarakat, dunia kampus akan memahami problema dan fenomena yang terjadi dimasyarakat.

“Pengabdian kepada masyarakat adalah cara kampus untuk memahami kepentingan masyarakat dan menerapkan keilmuan yang diterapkan dikampus”, Jelas Prof. Dr.rer.nat. Dedi Rosadi, S.Si., M.Sc selaku ketua tim pengadian masyarakat Departemen Matematika.

Kegiatan yang berpusat di SMAN 1 Gantung, Kabupaten Belitung Timur ini, dihadiri guru-guru dan siswa yang mempunyai minat pada bidang ilmu Matematika.

Dihubungi melalui saluran telpon selular, Dedi yang juga Guru Besar kelahiran Gantung, Belitung Timur ini, menuturkan selain mengenalkan UGM dan Departemen Matematika, juga tim yang datang dengan keahlian bidang kajiannya mengenal dan menjelaskan berbagai aplikasi yang banyak digunakan untuk mempermudah aktivas manusia.

Sementara itu, Kepala sekolah SMAN 1 Gantung Sabarudin, M.Pd, menyambut baik kegiatan abdimas yang dilaksanakan oleh UGM. Ia berharap kegiatan ini akan berjalan secara kontinu setiap tahunnya dan tidak saja dari UGM namun juga bisa dari perguruan tinggi lainnya.

Dedi yang juga sebagai tim ketua pelaksana pengabdian masyarakat departemen matematika di Kabupaten Belitung Timur ini tak sungkan bertindak sebagai tour guide mengenalkan dan menjelaskan pariwisata Bumi Laskar Pelangi dan masakan serta makanan khas Belitung seperti Mie Belitung dan Gangan yang menjadi Favorit bagi para wisatawan. *Liputan Andriyansah Koresponden TrawangNews