Home / Bangka Belitung / Dewan Minta Usulan Het LPJ Gas Rp 23.000 /tabung 3kg Ditinjau Ulang

Dewan Minta Usulan Het LPJ Gas Rp 23.000 /tabung 3kg Ditinjau Ulang

Bagikan :
  • 62
    Shares

TANJUNGPANDAN: DPRD Kabupaten Belitung berharap agar usulan rencana harga eceran tertinggi (het) pengisian ulang gas LPJ Rp 23.000 /tabung 3 kg untuk di Kabupaten Belitung agar ditinjau ulang dan idealnya Rp 16.000 seperti yang ditetapkan SK Gubernur Bangka Belitung. Karena itu, pemkab Belitung diminta segera berkoordinasi dengan pemerintah provinsi Bangka Belitung menyikapi usul rencana Het LPJ Gas /tabung 3kg di kabupaten Belitung.

“Kita minta harga Het LPJ Gas Rp 16.000, untuk Belitung disesuaikan dengan sk gubernur Bangka Belitung,” ujar Ketua DPRD Belitung Taufik Rizani AMd, ketika ditemui trawangnews.com sebelum digelar rapat paripurna Istimewa II DPRD Kabupaten Belitung pada acara penyampaian Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Belitung masa jabatan 2018-2023, pada hari ini Jumat 28 Desember 2019, di kantor DPRD Belitung.

Menurutnya, pemerintah daerah diharapkan segera berkoordinasi dengan pemkab Belitung dengan pemerintah provinsi untuk meninjau ulang het tersebut khusus di kabupaten Belitung.

“Kita minta bupati dalam hal ini bagian ekonomi pemkab Belitung segera memantau. Kita minta penentuan het Rp 23.000 ditinjau ulang dan idealnya di Belitung sama pemberlakuan seperti Bangka dengan het SK Gubernur Bangka Belitung Rp16.000/tabung 3 kg. Apalagi ini adalah program subsidi dari pemerintah pusat,” ungkap Taufik Rizani.

Seperti diketahui, munculnya rencana usulan (harga eceran tertinggi) Het LPJ Gas Rp 23.000/tabung 3 kg yang akan ditetapkan di Belitung membuat ragam tanggapan kalangan masyarakat. Harga Rp 23000 /tabung 3kg yang akan ditetapkan sebesar itu karena perincian didalamnya adanya biaya tranportasi yang harus ditangung warga. Semestinya, seperti di Bangka dan Pangkal Pinang yang masih dalam wilayah provinsi Bangka Belitung, hanya berkisar Rp 16.000/tabung 3 kg.

Idealnya, karena ini masih program subsidi tentu pembebanan biaya transportasi menjadi tanggungjawab pemerintah, dalam hal ini pertamina. Sehingga bila itu menjadi tanggungjawab pemerintah, tentunya harga isi ulang gas perhet LPJ Gas dengan kisaran Rp 16.000/ tabung 3 kg sama seperti Bangka di wilayah provinsi Bangka Belitung.*trawangnews.com