Home / EDITORIAL / Dinamika Bakal Calon Bupati Belitung

Dinamika Bakal Calon Bupati Belitung

Bagikan :

Tidak terasa tahun 2018 sudah dekat,dan hajat besar sudah di depan mata,tidak lain ialah pilkada Belitung dari politisi kelas kakap maupun politisi biasa dari pengusaha besar hingga kecil dari aktivis hingga masyarakat biasa pastinya akan sibuk dengan momen 5 tahunan ini.

Di benak kita siapa kah Bakal Calon bupati yang akan bertarung pada tahun 2018,masyarakat hanya bisa mengira-ngira,menerka-nerka tetapi bagaimanapun pilkada 2018 tidak akan jauh dari sosok Figur lama seperti,Tellie Gozelie,Sahani Saleh,Darmansyah Husein,Isyak Meirobie,Taufik Rijani,Usmandie Andeska,Erwandi Rani dan Hellyana Setyobudi masih menjadi top of mind untuk bakal calon,walaupun dari figur-figur di atas belum ada yang akan memastikan maju.

Redaksi menulis nama di atas melalui proses Historical Research dimana nama-nama dia atas memiliki basis konstituen yang loyal dan mengakar juga memiliki kekuatan relasi/partai politik dimana nama mereka juga masih diperhitungkan di kancah perpolitikan belitung.

Politik bukanlah matematika,tidak bisa di tebak atau di ramal,apapun bisa terjadi,proses menuju ke tahun 2018 harus bisa dimanfaatkan oleh figur-figur baru untuk persiapan tahun 2018.

Bukan tidak mungkin top of mind saat ini pada saat 2018 juga bisa kalah,ini mengingatkan kita pada pemilu amerika serikat baru-baru ini saat Donald Trump seorang pengusaha yang memiliki pengetahuan politik kurang begitu juga relasi hubungan politik kurang,siapa menyangka bisa mengalahkan Hillary Clinton seorang politisi kawakan dan berpengalaman.

Bahkan Hillary yang didukung Media-media mainstream seperti surat kabar dan televisi terkemuka tidak mampu menggenjot elektebilitasnya,dari sini kita belajar bahwa didukung mayoritas media pun bisa kalah,walaupun secara popular vote Hillary menang tetapi itu hanya kemenangan tipis,seharusnya dengan kemampuan dan pengalaman politiknya hillary harus mampu meredam suara electoral vote tetapi apa daya,electoral vote justru banyak berpihak kepada trump dimana trump miskin pengetahuaan politik tetapi ia mampu memenangan electoral vote dan meyakinkan relasi politisi-politisi yang ada di parlemen.

Baca Juga :  Nizar Optimis Menyongsong Pilkada Belitung

Apa betul popularitas bisa membantu?memang betul popularitas penting,tetapi jika hanya mengandalkan popularitas itu tidak banyak membantu,sudah banyak contoh betapa terkenalnya Ahmad Dhani,betapa terkenalnya Helmy Yahya akhirnya kalah juga dalam pilkada.

Ada banyak faktor dalam pilkada seperti redaksi katakan bahwa politik bukanlah matematika semata,politik adalah seni.

Sebagian Masyarakat menunggu figur-figur baru yang akan muncul dan sebagian masyarakat juga masih kangen dengan figur-figur lama,pada akhirnya kita tunggu saja siapa yang akan menjadi bakal calon,Survei elektebilitas popularitas,relasi politik dan dukungan partai dan tentunya Modal finansial juga lah yang pada akhirnya yang akan menentukan Bakal calon Bupati Belitung 2018.

EDITORIAL Trawang News