Trawangnews.com http://www.trawangnews.com Portal Berita Belitung Wed, 22 Jan 2020 13:37:40 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.3.2 http://www.trawangnews.com/wp-content/uploads/2017/04/cropped-log-tr-1-32x32.png Trawangnews.com http://www.trawangnews.com 32 32 Perkuat Syiar Islam, Majelis Taklim Al Jamaah Desa Aik Seru Temu Bulanan http://www.trawangnews.com/perkuat-syiar-islam-majelis-taklim-al-jamaah-desa-aik-seru-temu-bulanan/ Wed, 22 Jan 2020 13:33:45 +0000 http://www.trawangnews.com/?p=14785 SIJUK: Hari ini Rabu, 22 Januari 2020, digelar pertemuan bulanan majelis taklim se Kecamatan Sijuk, yang bertempat di Masjid Al Jamaah Desa Aik Seru, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

Adapun peserta acara sebanyak 200 orang dari berbagai majelis taklim di Kecamatan Sijuk.


Acara kegiatan ini diawali pembukaan pembacaan kitab suci Al Quran, sambutan Kades Aik Seru, Sambutan Koordinator Majelis Taklim Kecamatan Sijuk Bastian Basri dan ceramah agama oleh Ustadz Sutarman SPd.i.

Acara ini juga dihadiri ketua / pengurus masjid Al jamaah, pemuka agama, tokoh masyarakat, dan kades.


Koordinator Majelis Taklim Kecamatan Sijuk Bastian Basri sebut pertemuan ini rutin dilaksanakan setiap bulannya pada setiap desa dan direncanakan bulan depan akan laksanakan di desa keciput. Sementara itu, kata Bastian, kegiatan majelis taklim telah dilaksanakan selama 6 tahun lebih.

Sedangkan tujuannya lanjut Bastian, untuk meningkatkan rasa kebersamaan diantara anggota majelis taklim, mempererat tali silaturahmi dan rasa persaudaraan se imam.


Sementara itu, dalam ceramahnya ustadz Sutarman , SpDi mengajak umat muslim untuk mempererat tali silahturahmi dan perbanyak sedekah dan melaksanakan sholat lima waktu.*trawangnews.com

]]>
18 Orang PAI Non PNS Kemenag Beltim Terima SK & Dapatkan Pembinaan http://www.trawangnews.com/18-orang-pai-non-pns-kemenag-beltim-terima-sk-dapatkan-pembinaan/ Wed, 22 Jan 2020 11:48:25 +0000 http://www.trawangnews.com/?p=14779 MANGGAR: Sebanyak 18 orang PAI (Penyuluh Agama Islam) non PNS di lingkungan Kemenag Beltim mendapatkan pembinaan dan penyerahan SK (surat keputusan) Penyuluh, yang bertempat di kantor Kemenag Beltim, pada hari ini Rabu 22 Januari 2020.

Acara kegiatan pembinaan ini langsung dilakukan Ka Kan (Kepala Kantor) Kemenag Beltim Drs. H. Masdar Nawawi, yang dihadiri Kepala KUA se Kabupaten Beltim.

Foto: Ka kan Kemenag Beltim Drs.H. Masdar Nawawi bersama 18 orang PAI Non PNS Kemenag Beltim berfoto bersama usai pwnyerahan SK dan pembinaan

Dalam arahannya, Ka Kan Kemenag Beltim Drs H Masdar Nawawi, pertama ucapkan selamat bertugas kepada 18 orang penyuluh agama islam non pns yang akan bertugas di wilayah kecamatan di Kab. Belitung Timur dan mulai hari ini penyuluh PAI non pns ini adalah menjadi keluarga besar kementerian agama kabupaten belitung timur.

Kedua kata Masdar, dalam melaksanakan tugas nantinya sebagai penyuluh tetap berpedoman kepada Tupoksinya masing masing sebagai penyuluh dan berkordinasi dengan seksi bimas islam dan Ka KUA Kecamatan masing masing.

Ketiga lanjut Masdar, untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang moderarasi beragama.

Keempat kata Masdar, sebagai penyuluh harus membuat laporan kegiatan kepenyuluhan setiap bulan sesuai program dan juknis yang ada.

Foto : ka Kan Kemenag Beltim beri arahan dan pembinaan kepada 18 orang PAI Non PNS dilingkungan Kemenag Beltim

Kelima, ungkap Masdar, kepada penyuluh untuk selalu meningkatkan pengetahuan, peningkatan wawasan serta pengembangan diri dengan mengikuti berbagai kegiatan seperti diklat diklat.

Keenam ungkap masdar, berkenaan tahun 2020 ini adalah tahun politik karna ada pilkada bupati/wakil bupati di Kab. Belitung Timur saya mohon kepada seluruh penyuluh agama non pns dan seluruh ASN di lingkungan kemenag kab. Beltim tetap untuk menjaga netralitasnya.
kata masdar *trawangnews.com

]]>
Plh Kalapas Hadiri Peringatan HUT SATPAM Ke-39 di Polres Belitung http://www.trawangnews.com/plh-kalapas-hadiri-peringatan-hut-satpam-ke-39-di-polres-belitung/ Wed, 22 Jan 2020 09:35:12 +0000 http://www.trawangnews.com/?p=14771 TANJUNGPANDAN: Kasi Adm Kamtib Hardiansyah mewakili Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan, hadiri Upacara peringatan Hut Satpam ke 39 Tahun 2020, bertempat di halaman Polres Belitung, Rabu (22/01/2020).

Sebagai Inspektur Upacara Kapolres Belitung AKBP Ari Mujiyono, SIK, MH dengan peserta upacara dari Unsur Polri, Satpol PP, Dishub, Satpam dari berbagai Instansi Perusahaan dan juga dari Unsur Lapas Kelas IIB Tanjungpandan.


Adapun peringatan HUT Satpam ke-39 dengan tema ‘Satuan pengamanan berbasis kompetensi mewujudkan SDM unggul untuk terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif dan terjalinnya keamanan di lingkungan kerja’.

Kapolres Belitung selaku Inspektur upacara dalam sambutannya membacakan amanat dari Kapolri,” Selaku pimpinan Polri, dengan rasa bangga saya mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-39 kepada seluruh anggota Satuan Pengamanan di mana pun saudara bertugas. Semoga Satpam senantiasa profesional dalam bertugas dan eksistensinya semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. “Ujarnya

Dalam rangkaian upacara juga diserahkan penghargaan kepada SATPAM berprestasi di wilayah kabupaten Belitung. Dan ditutup dengan Atraksi Bela diri Praktis yang diperagakan oleh Anggota SATPAM.


Di sela-sela acara HUT Satpam ke 39, Kasi Adm Kamtib Lapas Kelas IIB Tanjungpandan Hardiansyah menyampaikan Selamat ulang tahun, dan semoga Satpam kedepannya semakin profesional, agar terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif dan terjaminnya keamanan lingkungan kerja, dan juga terciptanya situasi aman dan nyaman di masyarakat demi kemajuan pembangun khususnya di Kabupaten Belitung, ujarnya didampingi Kasubsi Keamanan Zuherramsyah S.AP. *Rilis Media
Kontributor Berita Pemasyarakatan Lapas Kelas IIB Tanjungpandan

]]>
Dua Anggota DPRD Prov. Babel Reses Ke SMKN 1 Kelapa Kampit http://www.trawangnews.com/dua-anggota-dprd-prov-babel-reses-ke-smkn-1-kelapa-kampit/ Wed, 22 Jan 2020 04:21:03 +0000 http://www.trawangnews.com/?p=14767 KELAPAKAMPIT: Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Babel (Bangka Belithng) Junaidi Rachman ( PDI Perjuangan) dan Biliadi SIP (Partai Gerindra) gelar reses penjaringan aspirasi ke SMKN 1 Kelapa Kampit Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Beltim pada hari ini Rabu, 22 Januari 2020.

Hadir acara reses tersebut, Kepala sekolah SMKN 1 Kelapa Kampit Yudi Uslani  S.Sos,  Ketua Komite SMKN 1 Kelapa Kampit, guru-guru SMKN 1 Kelapa Kampit, dan para murid sekolah SMKN 1 Kelapa Kampit.

Dalam uraian itu, Kepala Sekolah SMKN 1 Kelapa Kampit  Yudi Uslani  S.Sos menyebut pihak sekolah menyampaikan berbagai hal untuk menjadi perhatian di dunia pendidikan di SMKN 1 Kelapa Kampit khususnya bagi kalangan anggota DPRD Provinsi Babel.

“Aspirasi ini  diambil berbagai masukan dan saran dari ketua jurusan di sekolah ini untuk  berbagai kebutuhannya untuk dunia pendidikan,” katanya.


Ia juga ucapkan selamat datang kepada anggota DPRD Babel ke sekolah SMKN 1 Kelapa Kampit sebagai upaya untuk  penjaringan aspirasi di sekolah ini.

Dalam pertemuan dan dialog dengan jajaran akademis di lingkungan SMKN 1 Kelapa Kampit terungkap berbagai hal kekurangan fasilitas dan sarana pendukung dunia pendidikan.
Diantaranya, kebutuhan sekolah diperlukan perkerasan jalan lingkungan sekolah, pembukaan lahan sekolah, pembangunan selasar antar ruang/ gedung, parkir guru dan pegawai, pembuatan volley ball, pembuatan lapangan basket ball, ruang praktikum siswa jurusan akuntansi dan keuangan lembaga.

Selain itu, berbagai kebutuhan diperlukan untuk sekolah diantaranya ruang praktikum jurusan teknik komputer dan jaringan, pembangunan ruang pertemuan, mobiler ruang pertemuan KK perhotelan, pembangunan bengkel kerja kayu, beton, baja KK Desain permodelan dan informasi Bangunan, mobiler bengkel kerja kayu, beton, baja KK, peralatan kerja kayu, beton dan baja.

Begitu pun, diperlukan beberapa peralatan untuk menunjang pendidikan lainnya seperti AC, alat kantor, kursi dan meja komputer, serta berbagai kebutuhan lainnya untuk menunjang pendidikan.
“Dalam bentuk proposal kita sampaikan pada reses anggota DPRD Provinsi Babel,” kata Yudi dihadapan acara Reses anggota DPRD Babel.

Sementara itu, anggota DPRD Babel Biliadi nantinya proposal yang diusulkan dari pihak sekolah ini akan disampaikan ke provinsi.
“Kita dukung hal ini karena demi untuk kemajuan pendidikan. Dan usulan ini akan diparipurnakan nanti di DPRD Bangka Belitung dalam rapat APBD/Perubahan 2020 atau APBD 2021,” katanya.

Sedangkan anggota DPRD Provinsi Babel Junaidi Rachman akan bersama rekan anggota DPRD Babel lainnya untuk aspirasi yang disampaikan pihak sekolah.*trawangnews.com

]]>
Seleksi Kompetensi Dan Evaluasi Kinerja PPNPNS Di Bawaslu Belitung http://www.trawangnews.com/seleksi-kompetensi-dan-evaluasi-kinerja-ppnpns-di-bawaslu-belitung/ Wed, 22 Jan 2020 02:20:12 +0000 http://www.trawangnews.com/?p=14764 TANJUNGPANDAN: sebanyak 10 orang ikuti Seleksi administrasi dan Evaluasi Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri Sipil (PPNPNS) secara online di lingkungan Bawaslu Kabupaten Belitung, pada hari Selasa (21/01).
Kegiatan ini secara serentak dilakukan Bawaslu RI di seluruh Indonesia.

Ketua Bawaslu Kabupaten Belitung Haikal Fackar sebut kegiatan evaluasi PPNPNS tersebut merupakan jawaban soal Computer Assisted Test (CAT) secara online dengan soal pilihan ganda sebanyak seratus.
Kegiatan ini dimulai jam 14.00 dengan jangka waktu yang diberikan selama 90 menit dengan materi sifatnya umum seperti uraian soal yang berkaitan dengan partai dan pemilihan umum.
Nantinya, hasil evaluasi CAT ini akan menjadi dasar Bawaslu untuk menilai layak tidaknya memperpanjang SK PPNPNS yang bersangkutan.

Adapun peserta di Belitung sebanyak 10 orang, dan soal nilai atau skornya bisa langsung diketahui peserta ketika selesai mengerjakan soal.

Menurutnya “dalam seleksi kompetensi dan evaluasi kinerja PPNPNS tersebut target minimal dari Bawaslu harus diraih peserta evaluasi dengan skor 60 dan alhamdulillah staf kami meraih skor tertinggi 80 dan terendah 66.*Tim

]]>
Irjen KKP Pusat Monev Bantuan Premi Asuransi Nelayan Di Belitung http://www.trawangnews.com/irjen-kkp-pusat-monev-bantuan-premi-asuransi-nelayan-di-belitung/ Tue, 21 Jan 2020 23:58:00 +0000 http://www.trawangnews.com/?p=14759 TANJUNGPANDAN: Irjen (Inspektorat Jenderal) KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) Pusat lakukan monev bantuan premi asuransi nelayan tahun 2019 ke beberapa tempat di wilayah kabupaten Belitung, provinsi kepulauan Bangka Belitung.

Adapun monev tersebut bertempat di rumah Tamrin dan Zain Muen. Keduanya adalah nelayan yang tinggal dikawasan Air Saga Tanjungpandan.


Saat di Belitung, staf Irjen KKP Reva yang didampingi Koordinator Penyuluh PNS Cucu Nuraeni S.PI dan Penyuluh Perikanan Bantu Ani Saputra S.Pi.
Dalam memonitoring, staf Irjen KKP Pusat Reva melakukan tatap muka dan sekaligus wawancara dengan para nelayan yang terima bantuan premi asuransi nelayan.

Dalam Dilapangan, Reva lakukan wawancaranya dengan para nelayan tentang mengenai tata cara mengklaim asuransi serta nelayan kelautan menggunakan alat tangkap apa apa saja termasuk apakah memiliki kapal.


Selain itu, diwawancara juga apakah nelayan sudah terdaftar kartu pelaku usaha kelautan dan perikanan.*trawangnews.com

]]>
SMKN 1 Sijuk Terima Kunjungan Manager Spa Sheraton Resort Belitung http://www.trawangnews.com/smkn-1-sijuk-terima-kunjungan-manager-spa-sheraton-resort-belitung/ Tue, 21 Jan 2020 22:59:38 +0000 http://www.trawangnews.com/?p=14755 SIJUK: SMKN 1 Sijuk menerima kedatangan Manager Spa Sheraton Resort Belitung, yang bertempat di SMKN 1 Sijuk, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, baru baru ini.


Kepala Sekolah SMKN I Sijuk Bismi MPd membenarkan adanya kedatangan Manager Spa Sheraton Resort Belitung, Rini dan staf Ipung. Tujuan kedatangan mereka disamping memperkenalkan divisi spa, juga untuk berbagi dan memotivasi siswa siswi dalam rangka mempersiapkan SDM pariwisata unggul dan kompetitif. *trawangnews.com

]]>
Jalan, BPJS & Pariwisata Jadi Reses Dua Anggota DPRD Babel Di Nyuruk http://www.trawangnews.com/jalan-bpjs-pariwisata-jadi-reses-dua-anggota-dprd-babel-di-nyuruk/ Tue, 21 Jan 2020 13:51:41 +0000 http://www.trawangnews.com/?p=14752 DENDANG: Anggota DPRD Babel Junaidi Rachman ( PDI Perjuangan) dan Biliadi SIP (Partai Gerindra) gelar reses penjaringan aspirasi ke Desa Nyuruk, Kecamatan Dendang, Kabupaten Beltim pada hari ini Selasa 21 Januari 2020.

Hadir Wakil Bupati Beltim Drs. Burhanudin, Camat Dendang Rusman, Pjs. Kades Nyuruk Gurdi, Tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan elemen masyarakat lainnya.
Pada dialog itu, dibicarakan soal jalan yang perlu diperlebar dari simpang empat Badau hingga ke kawasan Tanjung Kelumpang. Hal lain juga, diungkapkan warga bagaimana agar pariwisata bisa berdampak ekonomi bagi masyarakat.

Selain itu, dipertanyakan warga soal Penerangan lampu penerangan yang kerap mati. Berikutnya, diharapkan warga, pasien BPJS yang darurat diminta agar bisa berobat di Tanjungpandan dengan pertimbangan jarak jauh harus ke rumah sakit ke Beltim.

Wakil Bupati Beltim Drs Burhanudin sebut soal pasien BPJS Rujukan dari puskesmas Dendang
bisa dirujuk ke tanjung pandan  yang sifat emergensi. Namun, bila tak darurat (tergolong ringan) diupayakan ke Rumah sakit manggar.
“Nantinya kita juga koordinasikan dengan dinas kesehatan,” ungkap Burhanudin.

Mengenai soal lampu penerangan jalan, ungkap Burhanudin, akan ditindaklanjuti dengan dinas perhubungan.
Sementara itu soal pelebaran jalan, Burhanudin harap masyarakat bisa dukung guna akses bagi perekonomian masyarakat.
“Tahun ini baru ada provinsi dari Kampit ke Manggar tapi itu hanya satu kilometer pengaspalan,  dan untuk pelebaran dari simpang badau ke Dendang hingga Tanjung Kelumpang memang layak dilebarkan. Namun kita minta camat mensosialisasikan ke masyaraka,” kata Burhanudin.

Sementara itu, Sementara PJs Kades Gurdi akan meminta warga untuk buat surat pernyataan tidak ada ganti rugi  soal rencana usulan pelebaran jalan provinsi disampaikan. Tujuannya, adalah untuk memperkuat dukungan dan usulan pelebaran jalan provinsi.

Anggota DPRD Babel Biliadi bersepakat usulan ini nanti akan disampaikan ke pemerintah provinsi Bangka Belitung.
“Sudah layak dilebarkan,” katanya dihadapan masyarakat saat reses hari ini.

Sedangkan soal pariwisata kata Biliadi,  diarahkan jalur timur dengan pola trip (perjalanan) wisata sebagai pengembangan nilai tambah enonomi masyarakat melalui pariwisata.

Biliadi contohkan trip perjalanan ke Beltim seperti dari Tanjungpandan berhenti di museum Badau lanjut  ke Desa Nyuruk yang nantinya  wisatawan bisa beli hasil produk hasil kuliner  masyarakat dan nikmati wisata alam Di Nyuruk, dan berlanjut ke wisata religi Desa Balok dan lanjut ke kawasan wisata pantai punai Tanjung kelumpang. Hinggapun kata Biliadi, wisatawan pun bisa berlanjut ke kawasan Gantung seperti laskar pelangi dan jenis aneka pantai lainnya di Beltim.

Sementara itu, anggota DPRD Babel Junaidi Rachman menyebutkan soal pelebaran jalan harus bersinergi soal jalan dari desa, camat hingga kabupaten serta dukungan masyarakat.” Semua desa yang terkait pelebaran agar buat surat pernyataan dukungan, termasuk dukungan dari camat, dan pemkab dan masyarakat. Dasar ini kita ajukan ke pemerintah provinsi agar ditindaklanjutinya,” kata Junaidi.
*trawangnews.com

]]>
Baru 6 Peserta Daftar Sebagai Calon Kades Nyuruk http://www.trawangnews.com/baru-6-peserta-daftar-sebagai-calon-kades-nyuruk/ Tue, 21 Jan 2020 12:00:07 +0000 http://www.trawangnews.com/?p=14744 DENDANG: Panitia penjaringan pilkades (pemilihan kepala desa) Nyuruk kini telah menerima pendaftaran calon kades Nyuruk periode 2020-2025 sebanyak enam orang peserta.

Hal itu diungkapkan ketua panitia pilkades Nyuruk Aprila Mulyadi, kepada media online ini, saat acara reses anggota DPRD Provinsi Babel pada hari ini Selasa 21 Januari 2020, di balai serba guna kantor desa Nyuruk, kecamatan Dendang, Kabupaten Beltim.


Menurut Aprila, panitia masih memberikan kesempatan kepada peserta hingga pada hari kamis tanggal 23 Januari 2020.

Karena peserta sudah lebih dari lima orang, maka kata Aprila nantinya akan dilakukan seleksi sampai ke tingkat kabupaten sesuai dengan persyaratan undang undang.

“Dari diatas lima orang nantinya akan ditetapkan lima calon kades. Lima calon inilah akan mengikuti pilkades,” katanya.

Rencananya pilkades serentak akan dilaksanakan tanggal 9 April 2020, termasuk pemilihan kades Nyuruk.*trawangnews.com

]]>
Ini Aspirasi Diajukan SMA I Damar Saat Reses Dua Anggota DPRD Babel http://www.trawangnews.com/ini-aspirasi-diajukan-sma-i-damar-saat-reses-dua-anggota-dprd-babel/ Tue, 21 Jan 2020 08:37:55 +0000 http://www.trawangnews.com/?p=14741 DAMAR: Anggota DPRD Babel Junaidi Rachman ( PDI Perjuangan) dan Biliadi SIP (Partai Gerindra) gelar reses penjaringan aspirasi ke SMA 1 Damar, Kecamatan Damar, Kabupaten Beltim pada hari ini Selasa 21 Januari 2020.

Hadir Wakil Bupati Beltim Drs. Burhanudin, Kepala sekolah SMA 1 Damar Riskan Akhbari, guru-guru SMA, dan para murid sekolah SMA 1 Damar.

Selain itu, hadir juga Anggota DPRD Belitung Timur dari Partai Gerindra Sunarjo, yang ikut bersama sama menghadiri acara reses anggota DPRD Provinsi Bangka Belitung.

Saat dialog, terungkap aspirasi yang disampaikan jajaran akademis dari SMA 1 Damar diantaranya yang harus jadi perhatian seperti pagar sekolah, kunblok halaman depan, parkir guru, kantin, ruang BK, ruang UKS, pos satpam, lapangan basket, ruang pertemuan, rumah dinas, teralis labor IPA,  Gordin Labor IPA, Rak  buku perpustakaan, lemari alat labor, lapangan futsal.
Dalam uraian itu, Kepala Sekolah SMA 1 Damar Riskan Akhbari, menyebut hasil rangkum berbagai aspirasi yang disampaikan merupakan pokok-pokok hal ini yang dialami dari SMA 1 Damar saat ini. “Moga dapat ditindaklanjutinya,” katanya.

Sementara itu, anggota DPRD Babel Biliadi akan upayakan aspirasi ini dibawa dalam pertemuan dengan instansi terkait di Bangka Belitung.

“Kita akan sampai kan dengan pemerintah provinsi, termasuk Dinas Pendidikan Babel, agar ditindaklanjuti,” ungkapnya.
Sedangkan anggota DPRD Babel Junaidi Rachman harap nantinya akan sampaikan dalam usulan dan pandangan fraksi di DPRD Babel terutama dari PDI Perjuangan dan untuk kemudian disampaikan saat pertemuan dengan eksekutif (pemerintah provinsi) Babel.

Wakil bupati Beltim Drs. Burhanudin berharap nantinya aspirasi yang disampaikan jajaran akademis dilingkungan SMA 1 Damar hendaknya dapat menjadi perhatian dari kalangan anggota DPRD Babel ini.*trawangnews.com

]]>