Home / Bangka Belitung / Guna Peningkatan Kesejahteraan, KUB Akar Laut Gelar Pertemuan Antar Nelayan

Guna Peningkatan Kesejahteraan, KUB Akar Laut Gelar Pertemuan Antar Nelayan

Bagikan :

BADAU: Sejumlah nelayan yang tergabung dalam kelompok usaha bersama (KUB) Akar Laut mengelar pertemuan bersama di rumah Ketua KUB Akar Laut Desa Sungai Samak, Kecamatan Badau, Belitung Induk, pada hari ini Jumat 3 Maret 2017.

Pertemuan itu membahas tentang pemantapan kelompok usaha bersama akar laut untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan dalam berkelompok.

Penyuluh Perikanan Bantu Ani Saputra SPI ketika dihubungi trawangnews.com membenarkan adanya kegiatan pertemuan tersebut. Menurut Ani, pertemuan pembahasan KUB tersebut lebih difokuskan pada administrasi pembukuan kelompok usaha bersama seperti buku kas, buku hadir kelompok dan buku notulen rapat.
Kegiatan pertemuan tersebut menurut Ani, didampingi penyuluh PNS dan Penyuluh Perikanan Bantu Wilayah Kerja Kecamatan Badau Ruth Helen SPi dan Deby Sagitalina SPI dan Ani Saputra SPI , Penyuluh Perikanan Bantu Wilayah Kerja Kecamatan Selat Nasik.

Acara pertemuan KUB Akar Laut itu menurut Ani, dibuka Pelaksana Tugas Bidang Perikanan Tangkap Kasi Kelembagaan dan Sumber Daya Nelayan pada Dinas Perikanan Kabupaten Belitung Ade Winarko S.ST.PI.

Dalam pertemuan itu juga berbagai arahan dan mekanisme pengembangan Kelompok Usaha Bersama dibahas. Kabid Sumber Daya Perikanan Pada Dinas Perikanan Kabupaten Belitung Firdaus Idhamsyah S.St.Pi MSi menguraikan tentang pentingnya berkelompok usaha bersama supaya kelompok bisa mengembangkan usaha bidang perikanan tangkap dan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan dalam berkelompok sepertinya uang tabungan dapat diputar untuk anggota yang lain untuk meningkatkan usaha anggota nelayan yang lain.

Sementara itu, arahan lain dari Staf Kasi Kelembagaan dan Sumber Daya Nelayan Ade Hotman S. Kel menjelaskan tentang mekanisme manajemen administrasi pembukuan kelompok yang benar untuk meningkatkan hasil usaha nelayan dan meningkatkan produksi hasil tangkapan.

Baca Juga :  Untuk Pengembangbiakan Ikan Dilaut, PT Timah Melalui CSRnya Tebarkan Rumpon Disekitar Perairan Sijuk

Pada uraian akhirnya, terdapat berbagai pendapat dan masukan guna mendukung upaya pengembangan KUB ini, tentunya Penyuluh Perikanan PNS dan Penyuluh Perikanan Bantu akan membina KUB Akar Laut dalam meningkatkan hasil usaha nelayan menjadi KUB yang mandiri dapat mengembangkan usaha tersebut.*trawangnews.com