Home / Kelakar / Ikal Laskar Pelangi Akan Mempopulerkan Belitung Kembali Melalui Film Baru

Ikal Laskar Pelangi Akan Mempopulerkan Belitung Kembali Melalui Film Baru

Bagikan :
  • 4.4K
    Shares

TANJUNGPANDAN: Sebuah film yang berjudul film Menopang Dua Matahari yang kini tengah digarap. Kegiatan pengarapan sudah dimulai pada bulan April lalu hingga saat ini. Bahkan, selama beberapa hari mulai tanggal 29 Mei hingga 3 Juni 2017, kegiatan Syuting yang mengambil berbagai tempat di Pulau Belitong (Belitung dan Belitung Timur).

Direncanakan, bakal ditayangkan pada awal Agustus 2017 mendatang. Penayangannya pun bakal diawali di kampus-kampus, hingga terbuka untuk umum. Adalah sosok Zulfani, mantan pemain Film Laskar Pelangi yang menjadi produser Film Menopang Dua Matari. Dibantu rekan mahasiswa Institute Kesenian Jakarta (IKJ), Zulfani yang biasa disapa Ikal dalam Film Laskar Pelangi ini berinisiatif membuat film ini.

Syuting di kawasan kebun, di Aik Merbau Tanjungpandan

“Kita sudah dilakukan pengarapan pada awal april lalu. Kita sudah lakukan tahap riset, riding (latihan baca scenario/acting), Pelatihan dan ekpresi pakai kamera,” ungkap Zulfani yang juga penulis Skenario film Menopang Dua Matahari kepada trawangnews.com baru-baru ini.

Salah satu kegiatan Syuting Film Menopang Dua Matahari

Untuk mengejar target, Zulfani memboyong rekan-rekannya dari IKJ untuk ke Belitung guna kegiatan Syuting film tersebut. Ada beberapa lokasi kata Zulfani, yang menjadi tempat Syuting film.

Diantaranya, lanjut Zulfani, kegiatan Syuting di kebun kawasan Air Merbau- Tanjungpandan Belitung, Danau Biru Air Raya, Kawasan Pantai Tanjung Tinggi (di atas batu), Pulau Kelayang, dan di kawasan Membalong di kolong tambang timah serta Di Pulau Batu Belayar di Tanjung Kelayang. Di Beltim juga dilakukan Syuting di simpang tiga renggiang kearah gantung Belitung Timur.

Bukan hanya Syuting rupanya di Pulau Belitong. Zulfani juga mengajak rekan-rekan biak-biak Belitong (Red: putra Belitong) untuk menjadi pemain dalam film Menopang Dua Matahari. Mereka diantaranya, Bambang Margono (Pemain), Gupinda (Pemain), Endah (Pemain), Kaisa (Pemain), Wendy (Pemain), Liker (Pemain). Sementara itu kata Zulfani, penata rias dipercayakan kepada Heti Herawati.

Para kru film sedang mempersiapkan berbagai perlengkapan untuk kegiatan syuting

Itu adalah pemain. Zulfani yang merupakan mahasiswa Semester akhir/Semester 8 di IKJ ini juga mengajak rekan-rekan mahasiswa almater kampus IKJ untuk ikut membantunya dalam pembuatan Film Menopang Dua Matahari. Mereka diantaranya Imran (IKJ semester 6), Zaza (editor), Dinda (asisten produser), Bang Oka (Manager Logistik), Asep (Direktur Of Photografi), Firman (asisten Kameran I), Ferdi (Sound Man/Penata Suara), Bang Dian /Asisten Kamera II (la tamat IKJ), Lukman (Light Man/Pengatur Acara, Andreas (Pilot Dron, Fauzan (Light Man / Pengatur cahaya, Gandi (Pengatur Lokasi Tempat Syuting).

Syuting salah satu pantai di Belitung

Memang Saja, Zulfani punya target untuk membuat film ini. Setidaknya, kata Zulfani, adalah mengangkat beragam budaya dan tradisi serta adat istiadat dengan mencari hal yang berbeda dari film-fim biasa. “Dan yang terpenting lagi adalah terobosan pembuatan film ini adalah untuk mengangkat industri perfilman di Belitung. Setidaknya, berkembang film-film atau PH (Production House),” kelakar Zulfani. *trawangnews.com