Home / Bangka Belitung / Ikuti Intruksi Pusat Awal Puasa 27 Mei 2017, Muhammadiyah Belitung Bakal Gelar Rapat Persiapan

Ikuti Intruksi Pusat Awal Puasa 27 Mei 2017, Muhammadiyah Belitung Bakal Gelar Rapat Persiapan

Bagikan :
  • 148
    Shares

TANJUNGPANDAN: Rilis Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyangkut pengumuman awal ramadhan jatuh pada tanggal 27 Mei 2017 disikapi dengan seksama pengurus Daerah Muhammadiyah di tingkat provinsi/Kabupaten/kota. Pimpinan Muhamadiyah Kabupaten Belitung menyatakan akan melakukan berbagai persiapan menyambut datangnya bulan puasa pada tanggal 27 Mei 2017, bulan depan.

“Kita akan menyiapkan berbagai hal, misalnya penjadwalan safari ramadhan, buka puasa bersama, kuliah subuh, dialog ramadhan serta berkaitan dengan kegiatan sosial dan sebagainya,

ungkap Ketua Pimpinan Daerah Pengurus Muhammadiyah Kabupaten Belitung, M Turfan Amir Spd kepada trawangnews.com melalui sambungan telepon gengam pada hari ini Jumat 28 April 2017, sekitar pukul 17.00 wib.
Menurut Turfan, setiap tahun datangnya bulan romadhan, Muhamadiyah selalu mengadakan berbagai kegiatan tersebut sesuai dengan jadwal kegiatan yang akan ditetapkan dalam sebulan puasa.

”Memang kita akan koordinasi dengan jajaran organisasi muhamadiyah lainnya,seperti Pemuda Muhammadiyah, Aisiyah, dan organisasi lainnya.Nantinya dibuatkan rapat pleno untuk pengaturannya,” ungkap Turfan.

Seperti diketahui, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah mengumumkan awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1438 Hijriah. Menurut ketua umum Muhammadiyah, Haedar Nasir, Hasil ini berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Awal Ramadhan 1438 H, organisasi Islam terbesar kedua di Indonesia itu menetapkan jatuh pada Sabtu 27 Mei 2017. Nasir menjelaskan bahwa hilal ketika Matahari terbenam hari itu sudah terlihat.

“Di seluruh wilayah lndonesia pada saat terbenam Matahari itu Bulan berada di atas ufuk. Maka 1 Ramadhan 1438 H jatuh pada hari Sabtu Pahing, 27 Mei 2017.Dan Idul Fitri 1 Syawal bersamaan dengan Minggu, 25 Juni 2017,” jelasnya dalam rilis yang diterima Kiblat.net pada Rabu (05/04).

Dia menekankan bahwa maklumat ini disampaikan untuk dilaksanakan dan agar menjadi panduan bagi warga Muhammadiyah dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1438 H. “Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita,”tukasnya.

(foto:Istimewa)trawangnews.com/