Home / Bangka Belitung / Ini kata Darmansyah Penanganan Banjir Harus Ditanggani Serius

Ini kata Darmansyah Penanganan Banjir Harus Ditanggani Serius

Bagikan :

Mantan Bupati Belitung H Darmansyah Husein mengungkapkan bahwa penyelesaian persoalan banjir yang terjadi beberapa hari ini sebagai akibat intensitas hujan yang tinggi yang menyebabkan banjir Besar Saat ini untuk mendapatkan solusi kedepan mengatasi soal banjir Setidaknya perlu dievaluasi tata ruang , termasuk penanggangan secara mikro maupun makro untuk penyelesaian soal banjir secara cepat.

Demikian salah satu solusi yang disampaikan mantan Bupati Belitung H Darmansyah Husien ketika diminta komentarnya oleh trawangnews.com berkaitan dengan terjadinya banjir di Belitung dan Belitung Timur.

Menurut Darmansyah persoalan banjir sebetulnya dapat dilakukan dengan antisipasi banjir seperti melalui lewat Mikro maupun Makro dengan mencari dimana titik rawan banjir yang akan terjadi bila nantinya musim hujan berkepanjangan.

“Misalnya, yang mikro (Kecil) , drainise (saluran) kita perbaiki, gorong-gorong kita bersihkan. Tapi untuk jangan panjang memang tata ruang harus kita evaluasi kembali, karena sudah tidak sesuai,” ucapnya.

Sementara itu, Banjir mikro kata Darmansyah sebenarnya bisa ditanggani ditingkat kabupaten atau maupun dana desa. “Gunakan lah dana gotong royong misalnya. Jangan lagi menungu-nunggu langsung turunkan. Kalau tak tertanggani oleh Desa maka bolehlah menggunakan dana kabupaten,” ungkap Mantan Bupati Belitung ini pada Wartawan Trawang News Hari ini Minggu 16 Juli 2017 Di Jakarta.

Sedangkan bila menyangkut Makro, Darmansyah menyebutkan bisa diserahkan ke tingkat yang lebih tinggi dalam hal ini provinsi maupun Pusat dengan melihat konteknya.

Darmansah memberi contoh Seperti di kampong Amau Tanjungpandan Belitung itu harus diselesaikan dari ulu ke hilir dengan menggunakan dana yang besar.

“Resapan Air tinggi sekali, Bahkan didorong dengan pompa pun tak bisa dibendung, apalagi kondisi ketika air laut pasang ditambah hujan maka ini akan timbul banjir yang besar.

Baca Juga :  DPPKBPMD Belitung Serahkan Bantuan Korban Banjir di Kembiri

Dan bukan lagi rahasia umum,dari tahun-ketahun selalu banjir menaun. Ini solusinya memang harus ada koordinasi dengan pusat dan penyelesaian pun harus dilakukan secara makro bukan mikro, Begitu juga seperti pada Bendungan PICE di Gantung, ini juga penanganan juga harus dari pusat karena memang dana harus besar yang tidak bisa ditanggani tingkat kabupaten,” ungkapnya. *trawangnews.com