Home / Bangka Belitung / Ini Loh Pingin Tahu Cerita Pasien BPJS Belitung Berobat ke RSHS Bandung

Ini Loh Pingin Tahu Cerita Pasien BPJS Belitung Berobat ke RSHS Bandung

Bagikan :
  • 18
    Shares

BANDUNG: Bagi anda warga Belitung yang hendak berobat dengan program BPJS, tentu biasanya ada pilihan dari pasien daerah yang tak tertantangani karena kemampuan rumah sakit itu sendiri untuk mengobati pasien.

Maka ada berbagai alternatif bagi pasien yang akan berobat lewat jalur BPJS, diantaranya biasanya ada rujukan yang dibuat dari rumah sakit daerah tersebut entah itu di Rumah Sakit di Jakarta ataupun di luar Jakarta, seperti halnya di Rumah Sakit Kota Bandung.

Nah, trawangnews.com beberapa hari kemarin,  berkesempatan  memantau beberapa pasien Belitung yang menggunakan program berobat lewat jalur BPJS  pergi berobat ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Jawa Barat.

Di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, ini suasananya agak nyaman lantaran suhu udara tidak se panas seperti di Jakarta. Lalu, antrian untuk berobat tidak sebanyak di Rumah Sakit di Jakarta. Karena pasien di rumah sakit daerah di luar pulau Jawa, seperti di beberapa Rumah Sakit di Jakarta cukup banyak datang pasien yang ingin berobat dari berbagai daerah.

Selain itu, di sekitar rumah sakit Hasan Sadikin ini ada rumah singgah (pasien yang belum diopname untuk transit sementara) dengan harga yang terjangkau. Jarak rumah singgah ke rumah sakit Hasan Sadikin tidak terlalu jauh sehingga bisa  berjalan kaki atau kendaraan tumpangannya.

Vinka salah seorang yang mendampingi pasien asal Belitung kepada trawangnews.com  menuturkan pengalaman untuk pengurusan tetek bengek administrasi dan berbagai urusan lain begitu mudah dan cepat dengan pendampingan untuk pasien yang hendak berobat di rumah sakit Hasan Sadikin Bandung. “Jadi, ada pendamping pasien sudah berpengalaman urus pasien yang berobat di rumah sakit ini,”ungkap Vinka.

Kemudahan ada pendamping, menurut Vinka, dari mulai mendaftar pasien sampai mendampingi pemeriksaan hingga pasien langsung bisa berobat ke rumah sakit ini.

“Misalnya, masuk daftar sepagi mungkin, lalu nunggu beberapa saat, dan dapat nomor urut mendaftar. Sementara pasien nunggu di rumah singgah. Bila sudah ada kabar dari akan diperiksa. Pendamping pasien kemudian memberikan informasi kepasien untuk segera menuju atau merapat rumah sakit, setelah itu pasien menunggu giliran pemeriksaan,” kata Vingka.

Untuk pemeriksaan, kata Vinka, biasanya pendamping pasien  langsung bersama pasien berada sebuah ruangan pemeriksaan oleh dokter. Selanjutnya, kata Vingka, hasil pemeriksaan itu dapat diketahui hasilnya dengan pengalamanan pendampingan untuk menjelaskan ke pasien masalah berbagai penyakitnya. Setelah selesai, lanjut Vinka,  baru dokter menyarankan yang harus diikuti oleh pasien apakah diopname atau tidak pasien dengan dasar hasil pemeriksaan dokter tersebut,” ungkapnya.

Nah tentu saja, bagi mereka akan berobat ke rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung silakan bila ingin membawanya keluarga untuk berobat tergantung pasien. Ini hanya sebatas informasi atau gambaran saja buat pasien dari Belitung yang berkeinginan berobat ke Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung yang beralamat Jalan Pasteur No.38, Pasteur, Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40161.*trawangnews.com