Kadin Perikanan Belitung Harap Nelayan Ikut Program Asuransi Nelayan

SELATNASIK: Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Belitung Firdaus Zamri sampaikan pentingnya untuk ikut dalam program asuransi bagi nelayan serta keluarganya.

Firdaus Zamri ungkap hal itu disela-sela kunjungan ke keluarga (Alm) Mahmud, nelayan Selat Nasik, yang meninggal dunia karena kelelahan terombang-ambing dilaut di selat nasik, pada hari ini, Kamis, 7 Mei 2020, kemarin.

Menurut Firdaus, kebanyakan nelayan tidak ada memperpanjang kembali asuransi nelayan. Padahal asuransi ini sangat penting untuk keselamatan nelayan di laut.

Sementara itu, Penyuluh perikanan Bantu Wilayah Kecamatan Selat Nasik Ani Saputra SPi akan membantu nelayan untuk perpanjangan asuransi nelayan bisa melalui asuransi Jasindo atau bpjs ketenangan kerja untuk keselamatan nelayan pada saat melaut.

“Memang, nelayan masih binggung untuk memperpanjang asuransi nelayan mau kemana. Dan, tentu kalau ada penyuluh bisa dampingi dan langsung mendaftarkan untuk perpanjangan asuransi mereka,” katanya.

Khusus untuk Asuransi Jasindo, Ani sebut bantuan dari pemerintah pusat Asuransi Jasindo hanya 1 tahun setelah itu asuransi tidak tanggung pemerintah lagi melainkan harus mandiri dari nelayan yang bersangkutan untuk memperpanjangnya.*