Home / Sejarah / Karena Tak Terawat, Surdin Serahkan Pusaka Kerajaan Majapahit Ke Museum

Karena Tak Terawat, Surdin Serahkan Pusaka Kerajaan Majapahit Ke Museum

Bagikan :

BADAU: Salah satu barang titipan inventaris berupa pusaka yang disebut sebut dari kerajaan Majapahit diserahkan kepada Raje Badau, Kik Johar, untuk disimpan di Museum Badau, Jalan Abdul Rachman, Belitung. Penyerahan barang kerajaan tersebut diserahkan simbolis oleh Surdin kepada Kik Raje Badau, baru baru ini di Badau. Adapun barang kerajaan Majapahit berupa alat kerajaan seperti kujur sejenis tombak.

Surdin bersama Kik Raje Badau

Surdin, Warga Aik Mali menyebut bahwa setahun yang lalu barang itu dipegang orang tuanya, dan diserahkan Surdin karena orang tuanya Busman meninggal (dari Kepang) serta kakeknya Saiman, yang sempat memegang barang titipan tersebut.
Namun barang tersebut kata Surdin, tidak siap untuk dirawat karena sesuatu lain hal. Maka barang itu diserahkan ke museum Badau.

Suhaili warga kecamatan Badau (tim penghubung) bersama kik Johar (raje Badau)

Sebelumnya, Surdin melakukan konsultasi dengan rekan rekan warga Kecamatan Badau, Suhaili, sebagai pemandu atau penghubung dengan Kik Johar, kik Raje Badau (penerus kerajaan Badau ke sembilan), maka, setelah dirundingkan akhirnya, diserahkan kepada museum di Badau,” ungkap Surdin.*trawangnews.com