Home / Bangka Belitung / KPU Belitung dan PPI Gelar Sosialisasi Pemilih Pemula

KPU Belitung dan PPI Gelar Sosialisasi Pemilih Pemula

Bagikan :
  • 34
    Shares

TANJUNGPANDAN: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung bekerjasama dengan Pengurus Kabupaten Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Belitung menggelar Sosialisasi Pemilih Pemula bagi anggota PPI Kabupaten Belitung Senin (18/02) di Aula Kantor Dinas Pemuda & Olahraga Kabupaten Belitung.

Kegiatan yang diikuti oleh Anggota PPI angkatan 2017 dan 2018 ini dihadiri oleh Komisioner KPU Divisi Sosialisasi & SDM Abdul Gofur, S.Pd dan Komisioner Divisi Hukum & Pengawasan Herry Nurjaya, SH.


Kegiatan Sosialisasi Pemilih Pemula ini menyasar para pemilih di Usia 17 – 22 Tahun. Selain memberi wawasan tentang bagaimana cara menggunakan hak pilih, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendidikan politik kepada generasi muda.

KPU berharap, Anggota PPI yang ikut serta dalam kegiatan tersebut bisa menjadi agen sosialisasi tentang pentingnya menyalurkan hak pilih bagi masyarakat khususnya dikalangan para pelajar dan komunitas tempat mereka bersosialisasi. Sehingga kita bersama sama memiliki kepentingan dan tanggung jawab untuk mensukseskan pemilu serentak tahun 2019.


Dalam sambutannya, Ketua Umum Pengurus Kabupaten PPI Belitung, Yovie Agustian Putra, A.Ma.Pust menekankan penting dan berharganya nilai 1 suara Hak Pilih dalam menentukan masa depan bangsa Indonesia. Politik hari ini menjadi perbincangan hangat di tengah proses menuju Pemilihan Umum 2019.

Perkembangan media juga memengaruhi masyarakat sebagai pemilih dalam menerima informasi terkait para Peserta Pemilu. Jangan sampai para pemilih pemula ini merasa minder untuk hak suaranya sehingga enggan datang ke TPS, apalagi menukar hak suaranya dengan nominal yang tak ada nilainya sama sekali. Tentunya kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai pendidikan politik bagi generasi muda agar mereka maksimal menyalurkan hak suaranya, harap yovie.

Sementara itu Komisioner KPU Belitung Abdul Goful, S.Pd menjelaskan Anggota PPI dipilih sebagai salah satu sasaran Sosialisasi Pemilih Pemula karena usia mereka masuk dalam kategori terlebih lagi mereka berasal dari berbagai sekolah sehingga mampu menjadi agen yang meneruskan informasi sosialisasi tentang Pemilu. Diharapkan selesai mengikuti kegiatan ini mereka bincang-bincang dengan temannya, mereka meng-upload aktivitas ini di medsos mereka dan sebagainya, sehingga informasi terkait Pemilu 2019 bisa tersebar dan masyarakat dari segala lapisan bisa menggunakan hak pilihnya, ujar Gofur.

Dalam materi yang disampaikan selain menjelaskan tata cara mencoblos, juga dilakukan sosialisasi pemilih pindah dan pemilih khusus atau pemilih yang menggunakan KTP elektronik karena tidak terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT). Selanjutnya dilakukan simulasi pencoblosan dengan mengenalkan berbagai bentuk surat suara kepada para peserta.

Seraya menambahkan, Saat ini KPU Belitung tengah gencar melaksanakan sosialisasi ke semua basis- basis seperti basis pemilih perempuan, pemilih pemula, pemilih muda, disabilitas, komunitas, basis keluarga, basis warga internet, basis marginal, keagamaan, dan basis yang berkebutuhan khusus. Kami datang ke sekolah – sekolah, dan Alhamdulillah mereka sangat antusias. Tentu harapan kami semua Lapisan masyarakat Kabupaten Belitung menggunakan Hak Pilihnya pada pemilu serentak tanggal 17 April 2019 mendatang, Ujar Gofur didampingi Komisioner Herry Nurjaya, SH.*