Home / Bangka Belitung / Lapas Kelas IIB Tanjungpandan Gelar Upacara Hari Pahlawan

Lapas Kelas IIB Tanjungpandan Gelar Upacara Hari Pahlawan

Bagikan :
  • 1
    Share

BADAU: Lapas Kelas IIB Tanjungpandan menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan ke-73 di Lapangan Lapas Sabtu (10/11/2018) untuk mengenang peristiwa pertempuran di surabaya pada 73 tahun silam yang merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya.

Kepala Lapas Kelas IIB Tanjungpandan memimpin jalannya Upacara yang diikuti oleh seluruh pegawai dan Warga Binaan Pemasyarakatan. Bertindak sebagai Komandan Upacara Kasubsi Bimbingan Kerja, M. Jawad Cirry, A.Md.IP.

Upacara diawali dengan pengibaran Bendera Merah Putih, kemudian, dilanjutkan dengan amanat pembina upacara yang dibacakan oleh Kalapas selaku Inspektur Upacara.
Dalam amanatnya, Kalapas membacakan pidato dari Menteri Sosial yang menjadi pesan penting dalam Peringatan Hari Pahlawan bahwa kegiatan ini bukan semata sebuah acara, namun harus sarat makna.

Bukan pula sebatas prosesi, tetapi substansi. Setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

Setiap tahun pada tanggal 10 Nopember, bangsa lndonesia memperingati Hari Pahlawan Peringatan ini bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun subtansi dalam meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara di hati sanubari bangsa Indonesia.

Dalam amanat tersebut juga disampaikan bahwa, setiap zaman mempunyai pahlawan di kiprahnya masing-masing. Dalam amanat tersebut juga disebutkan Indonesia memerlukan pahlawan baru. “Indonesia saat ini membutuhkan sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri ini. Tak hanya itu, juga dibutuhkan sosok pemuda lndonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, disiplin, berkarakter menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidangnya. Negara saat ini sangat membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, mempunyai karakter lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial. Sehingga, ke depan mampu terlibat dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial, memberikan pelayanan sosial bagi mereka yang membutuhkan pertolongan sosial.
Diakhir upacara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kegiatan The Gathering Of Heroes kepada para pemenang Lomba membaca Puisi Perjuangan dan menyanyikan lagu nasional yang digelar pada hari sabtu tepat tanggal 10 November.

Kepala Lapas Kelas IIB Tanjungpandan, Seno Utomo, Bc.IP, SH, M.Si menambahkan melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan, saya mengajak marilah kita berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan tanamkan dalam diri bahwa kita harus punya andil prestasi terhadap kemajuan bangsa khususnya dalam membangun Kementrian Hukum & Ham dan terkhusus lagi di Lembaga Pemasyarakatan yang merupakan tempat kita mengabdikan diri. Tanamkan semangat ikhlas para pahlawan di dada kita, jangan menjadi pengkhianat yang akhirnya mencoreng Institusi yang kita banggakan ini, ujar Kalapas didampingi Kasi Binapigiatja, Heri S.AP. * Rilis Media
Kontributor Lapas Kelas IIB Tanjungpandan