Home / Wisata Belitung / Layak Dikembangkan Wisata Ziarah, Perlu Direhab Kembali Situs Makam Ini

Layak Dikembangkan Wisata Ziarah, Perlu Direhab Kembali Situs Makam Ini

Bagikan :

BADAU: Bila ingin menyaksikan wisata ziarah, di Pulau Belitong ini tersebar berbagai pelosok para makam raja yang sempat memimpin Belitung. Salah satunya Makam Raja yang bertempat di Desa Cerucuk, Kecamatan Badau, Belitung. Di Desa Cerucuk ini tentunya terdapat beberapa makam yang sempat menjadi raja. Diantaranya, adalah makam KA Hatam yang bergelar Depati Cakraningrat ke VII dan Makam KA Muh Saleh yang bergelar Depati Cakraningrat IX.

Trawangnews.com beberapa hari yang lalu sempat melihat-lihat kondisi kawasan pemakaman tersebut yang terlihat dari tepi jalan bertuliskan papan Situs makam. Bila masuk ke dalam kira-kira 100 meter jalan kaki. Hanya saja, kalau menggunakan mobil tidak ada masalah masuk ke dalam. Tapi, kebiasaan warga yang berziarah, bila membawa kendaraan roda dua atau empat biasanya mereka parkirkan tepi jalan.
Suasana di sekitar kawasan makam terdapat rerimbunan pepohonan. Tak heran bila disiang hari, kawasan di makam ini terkesan teduh, dan angin yang sepoi-sepoi menusuk tubuh. Hanya sayangnya ke depan, jalan-jalan setapak ukuran yang bisa dilewati kendaraan roda dua maupun empat layak direhab. Hal ini tentunya perlu dipercantik.

Anggota DPRD Kabupaten Belitung Junaidi Rachman diminta tanggapannya soal situs makam ini sangat berharap agar dinas terkait untuk dapat meninjau kawasan pemakaman ini yang nantinya bisa melakukan perehaban.”Tulisan situs ini perlu direhab, jalan, serta hal-hal lainnya yang perlu untuk dilakukan rehab,” ungkap Junaidi Rachman. *trawangnews.com