Home / Bangka Belitung / Lebaran di Belitung, Dari Silatuhrahmi Hingga Rekreasi Ke Pantai

Lebaran di Belitung, Dari Silatuhrahmi Hingga Rekreasi Ke Pantai

Bagikan :
  • 505
    Shares

TANJUNGPANDAN: Lebaran pertama di Belitung diawali silatuhrahmi dengan keluarga. Kegiatan silatuhrahimi dilakukan antara sanak familiy untuk mengucapkan mohon maaf lahir dan batin.
Sementara lebaran kedua dan ketiga biasanya diisi dengan berbagai kegiatan rekreasi keluarga ke beberapa pantai, atau museum serta lokasi-lokasi yang menarik di Belitung.

Pada lebaran pertama. Biasanya, kunjungan yang pertama-tama dilakukan adalah antara anak dengan orang tua. Mereka datang dengan memohon ampunan kepada orang tuanya. Tradisinya, anak –anak yang berkunjung ke orang tua. Bilapun agak saling berjauhan, maka Si anak pun pasti datang hanya untuk berlebaran dengan orang tua.

foto: Escape Jolly Barito

Selain dengan keluarga, acara kegiatannya digelar kunjung mengunjungi antara saudara-saudara yang sekandung maupun masih terbilang keluarga. Biasanya, tradisi masih melekat. Mereka berkumpul, bisa setahun tidak bertemu. Dan disaat lebarannya, mereka berkumpul untuk berbagai cerita maupun saling bermaaf-maafan satu sama lainnya.

Berbeda dengan lebaran pertama. Lebaran kedua maupun lebaran ketiga biasanya diisi dengan berbagai kegiatan baik ke berbagai pantai, ataupun museum maupun lokasi-lokasi menarik yang dikunjungi di Belitung.

Seperti di Museum Tanjungpandan misalnya. Biasanya pada hari lebaran tak pernah sepi. Setiap hari dikunjungi warga untuk berekreasi bersama keluarganya.

Begitu pun ada banyak pantai di Belitung yang mereka kunjungi hanya sekadar berekreasi. Diantaranya, Pantai Tanjung Kelayang, Tanjung Tinggi, Pulau Burung, Pulau Batu Belayar. Selain itu, banyak lagi objek wisata lainnya, yang begitu menarik.

Hanya memang, tak lengkap bila tak berlebaran di Belitung tanpan sajian dan makanan khas Belitung. Sajian menu lebaran tampak begitu enak untuk disantap bersama keluarga. Seperti ketupat dengan masakkan opor ayam, ayam Ketumbar, Sumur Daging , Rendang.
Begitu juga dengan aneka jenis makanan Belitung seperti Kue Kue Rintak, Kue Sempret dan Melati, Kue Sepit (semprong). dan lainnya.

Sajian makanan ringan, dodol Belitung, lepat ketan, kue Bulo dengan jenis makanan lainnya. Nah, itulah sebagian kecil lebaran di Belitung. *trawangnews.com