Home / Bangka Belitung / Lebaran di Beltim, Bendungan PICE Gantung pun Menjadi Alternatif

Lebaran di Beltim, Bendungan PICE Gantung pun Menjadi Alternatif

Bagikan :

GANTUNG: Tak cukup rasanya bila lebaran ke Beltim tidak mengunjungi bendungan PICE. Setidaknya, di hari lebaran ini tak sedikit warga yang menikmati jalan-jalan ke bendungan PICE sembari bersilatuhrahmi dengan keluarganya.

Hal ini lantaran kunjungan itu menjadi bernilai karena masyarakat bisa k menikmati panorama keindahan Sungai Lenggang dengan deburan air yang jatuh dari bendungan membentuk bui-bui busa yang mengembang ke permukaan.

Penelusuran trawangnews.com baru-baru ini terlihat dari mulai lebaran pertama hingga lebaran ketiga tampaknya bendungan PICE menjadi objekan warga-warga untuk melihat keberadaan bendungan PICE. Mereka pun setibanya datang salah satu kawasan wisata Beltim ini selain melihat bagaimana arus air yang mengalir begitu deras juga sebagian dari mereka berselfi ria.

Bagi Anda yang akan ke PICE tentunya anda tidak perlu repot-repot. Kawasan perkarangan sudah bagus. Bahkan jalan-jalan hendak menuju PICE begitu baik. Di PICE itu sudah ada petugas parkir yang jaga. Sehingga kendaraan roda dua maupun empat bisa masuk ke sana bisa aman dan nyaman.

Asal tahu saja, Bendungan Pice dibangun semasa kolonial Belanda.. Bendungan Pice ini kini masih tetap digunakan untuk mengatur debit air di hulu. Uniknya, bila selama beberapa hari turun hujan yang sangat lebat, maka di sekitar bendungan ini akan terdapat ikan-ikan kecil yang jumlahnya sangat banyak. Masyarakat setempat menamakannya ikan cempedik.

Ikan ini diambil oleh masyarakat dengan menggunakan jaring yang terbuat dari kawat, yang diikatkan dengan tali lalu dibenamkan ke air di Bendungan Pice ini. Ikan cempedik ini akan masuk kedalam jaring kawat. Selain untuk lauk, ikan cempedik juga bisa dijadikan cemilan, dengan cara digoreng. Rasanya enak dan gurih.

Tentu Ikan-ikan cempedik maupun jenis ikan lainnya akan menghilang, jika terjadi musim panas berkepanjangan, karena air sungai akan surut dan kantong-kantong air mulai hilang akibat perambahan hutan, pemukiman penduduk, perkebunan dan juga tambang inkonvensional. Nah, bagi yang ingin menyaksikan PICE mari dan jangan segan-segan main-main ke Belitung Timur. *trawangnews.com