Home / Uncategorized / Lewat Koleksi Museum, Agus Ajak Pelajar Bangkitkan Semangat Nasionalisme
Kepala Museum Perumusan Naskah Proklamasi Pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Drs. Agus Nugroho M.M

Lewat Koleksi Museum, Agus Ajak Pelajar Bangkitkan Semangat Nasionalisme

Bagikan :
  • 28
    Shares

TANJUNGPANDAN: Di Kabupaten Belitung, hari ini Selasa, 12 Maret 2019, museum keliling & permainan anak mengelar berbagai event kegiatan untuk membangkitkan nasionalisme melalui koleksi museum, yang bertempat di Gedung Serba Guna Pemkab Belitung, kabupaten Belitung.

Anak anak pelajar menyaksikan pemutaran film perjuangan sejarah RI

Kegiatan event ini akan berlangsung mulai 12 Maret hingga 15 Maret 2019, yang dihadiri para pelajar se Belitung. Nantinya, para pelajar dapat menyaksikan berbagai event seperti pemutaran film perjuangan, lomba melukis perjuangan untuk anak pelajar SLTP, lomba menulis teks proklamasi dengam benar, serta kegiatan lainnya.

Kepala Museum Perumusan Naskah Proklamasi Pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Drs. Agus Nugroho M.M menyebutkan even kegiatan ini dilakukan setiap tahun pada kawasan tertentu seperti kawasan daerah terpencil, kawasan perbatasan, dan kawasan lainnya di Indonesia. Di kabupaten Belitung, kata Nugroho, merupakan kegiatan event yang kedua di tahun 2019, yang sebelumnya sudah diadakan di Makasar.

Pelajar SDN 33 Tanjungpandan bersama guru sekolah

“Kebetulan tadi di Belitung ini pemda ini sangat antulsias, dan pak Bupati Belitung sangat menyetujui diadakan event kegiatan ini, maka diadakan kegiatan seperti ini ” ungkapnya kepada trawangnews.com di gedung serba guna pemkab Belitung.
Agus berharap dengan kegiatan ini nantinya sangat penting sebagai upaya untuk dapat membangkitkan semangat nasionalisme terhadap anak anak pelajar akan pentingnya sejarah perjuangan bangsa.
“Dengan event ini anak pelajar tentunya tahu akan sejarah dan akan membangkitkan semangat nasionalisme sejak dini,”katanya.

Acara event kegiatan ini dibuka Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie S.Sn yang dihadiri Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Paryanta S.Pd serta seluruh pejabat dan guru pendidik di Belitung.

Guru SDN 33 Tanjungpandan bersama anak didiknya saat menghadiri acara museum keliling dan permainan anak di gedung serba guna pemkab Belitung

Dari pemantauan trawangnews.com semua anak pelajar dari berbagai sekolah di Belitung sangat antulsias menyaksikan acara kegiatan yang berlangsung di gedung serba guna pemkab Belitung. Para petugas dari museum proklamasi ini terlihat menberikan penjelasan terhadap event yang digelar. Begitupun, guru sekolah pun ikut hadir untuk membimbing para muridnya untuk memahami, membaca buku sejarah dan menambah wawasan, menjelaskan kepada anak muridnya tentang bagaimana kisah perjuangan dan perjalanan sejarah perjuangan bangsa.*trawangnews.com