Home / Bangka Belitung / Manfaatkan Potensi Laut, Nelayan Sungai Padang Olah Udang Jadi Terasi

Manfaatkan Potensi Laut, Nelayan Sungai Padang Olah Udang Jadi Terasi

Bagikan :
  • 10
    Shares

SIJUK: Sekumpulan wanita nelayan di Sungai Padang, Kecamatan Sijuk, Belitung yang memanfaatkan potensi alamnya digunakan untuk mengolah udang menjadi terasi.
Saat ditinjau, para penyuluh PNS dan Penyuluh Perikanan Bantu beberapa hari yang lalu, tampak sejumlah nelayan tengah menjemur udang rebon untuk diolah menjadi terasi.

Dari beberapa nelayan, di tengah penjemuran terlihat dua  nelayan wanita adalah Ibu Sainun dan Ibu Rosma misalnya. Keduanya, aktif melaksanakan aktivitasnya sehari-harinya menjemur udang rebon yang akan diolah untuk menjadi terasi.

Begitu ulet dan kehati-hatian dalam kegiatan ini. Sebab, untuk membuat olahan udang rebon menjadi terasi perlu berbagai cara. Secara sekilas, biasanya sebelum ditumbuk, terlebih dahulu udang rebon yang kering itu disiram air panas dan baru kemudian ditumbuk hingga selanjutnya para proses penjemuran. Karena begitu unik cara pembuatannya, para penyuluh pun mempertanyakan bagaimana cara membuatnya agar berkualitas dengan baik.

Saat ditinjau Penyuluh, para nelayan wanita juga seperti Ibu Sainun ini, selain akitivitas penjemuran udang rebon ini, ia juga kerap kelaut seperti Nyulo, dan memancing ikan di laut.

Sementara itu, penyuluh yang hadir pada peninjauan itu antara lain, Cucu Nuraieni SPisebagai penyuluh Perikanan PNS serta Ani Saputra SPi dan Yuyun SPi sebagai penyuluh perikanan bantu. *trawangnews.com