Home / Wisata Belitung / Naikkan Pendapatan Wisata,Belitung pun Diusulkan Geopark ke UNESCO

Naikkan Pendapatan Wisata,Belitung pun Diusulkan Geopark ke UNESCO

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Beberapa wilayah di Indonesia pada kawasan wisata, bahkan dunia yang memiliki kawasan wisata kini sudah menjadi dan ada yang diusulkan Geopark ke UNESCO. Belitong pun tak jauh beda,diusulkan Geopark ke UNESCO.

Bila konsep Geopark ini terjadi, tentu akan menaikan sektor pendapatan di sektor wisata,Liputan.com sempat memberitakan bahwa melalui Geopark, tentunya akan mendograk value wisata.

Dalam tulisan yang dimuat di liputan6.com , menyebutkan bahwa konsep geopark berpotensi menghadirkan pendapatan yang signifikan. Lihat saja Tiongkok. Diwilayah ini pendapatan wisata 6 milliar dolar AS atau 80 Triliun, sekitar 62 persen di antaranya mencapai 49 milliar disumbangkan dari pengelolaan 33 kawasan geopark dunia.

Bagaimana di Indonesia? Tentu manfaat ekonomi dirasakan kawasan pengunungan Sewu Daerah Istimewa Yogyakarta. Tahun 2011, pendapatan asli daerah yang dihasilkan dari sejumlah destinasi wisata karst dilokasi tersebut baru sekitar 800 juta. Namun setelah ditetapkan menjadi kawasa geopark dunia, pendapatan asli meningkat 22, 5 milliar.

Itupun belum termasuk, dengan Geopark Unesco Globar Geopark Gunung Batur (Bali), empat Geopark Nasional Kaldera Toba (Sumatera Utara), GN Merangin (Jambi), GN Cileteuh (Jawa Barat), dan GN Rinjani (Lombok NTB), yang baru dinominasikan menjadi kawasan Unisco.

Begitu juga misalnya. Ciletuh Jawa Barat dengan awal kunjungan wisata 200 ribu orang, namun sejak ditetapkan Geopark nasional, kunjungan meningkat menjadi 1200 orang setahun. Bahkan pemasukan awal hanya Rp 800 juta namun sekarang menjadi 2,3 milliar.

Nah Loh, bagaimana Belitung? Tentu bila nantinya ditetapkan Geopark Nasional juga diharapkan demikian seperti kawasan yang telah ditetapkan Geopark Nasional lainnya. Saat ini kabarnya, destinasi perioritas Tanjung Kelayang dikembangkan Geopark di Belitung serta kawasan wisata lainnya di Belitung dan Beltim.

Seperti dikutif dari Liputan6.com, pemerintah pusat melalui menteri Pariwisata Arief Yahya berencana tahun 2017 akan mengusulkan dua geopark ke Unesco. Yakni, Geopark Danau Toba dan Danau Geopark Belitung. *(Foto: Escape Jolly Barito)Menanggapi Artikel Liputan 6.com/Diambil Berbagai Sumber/trawangnews.com