Home / Pilkada / Nama Bustami Mulai Dikaitkan Pilkada Belitung 2018

Nama Bustami Mulai Dikaitkan Pilkada Belitung 2018

Bagikan :
  • 9
    Shares

TANJUNGPANDAN: Seiring dengan semakin dekat pilkada (pemilihan kepala daerah) Belitung 2018, nama Dr. Ir. H. Bustami MSc kini mulai mengeliding ke permukaan. Putra Bangka Belitug ini yang menjadi Lektor Kepala di IPB (Institut Pertanian Bogor) ini disebut-sebut bakal mengikuti pertarungan pilkada Belitung 2018.
Sejumlah pembicaraan dari kalangan warung kopi, serta berbagai pertemuan. Bahkan di kalangan warga perantauan di luar daerah, nama Bustami pun kini disebut-sebut bakal turun gunung untuk menjadi calon Bupati Belitung periode 2017-2022.

Seperti diketahui, Bustami Ibrahim merupakan sosok Lelaki kelahiran 1 Nopember 1961. Pria yang mendapat penghargaan Satya Lencana 20 Tahun dari Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono tahun 2008 lalu banyak menghabiskan waktunya di dunia akademis. Karenanya meski disibukan dengan urusan akademis, Bustami memang selalu eksis dan memberikan waktu luang meski ia berada di luar daerah.

Memang saja, bila lihat sepak terjangnya, Bustami memang banyak berada di luar daerah. Namun bukan berarti ia lepas ikatan emosionalnya. Sebab, sejak menyelesaikan gelar kesarjanaan, Pria yang mendapat penghargaan Satya Lencana 10 tahun dari Presiden Republik Indonesia Megawati tahun 1998 lalu, memang ikut andil memberikan kontribusi untuk pembangunan di Belitung maupun Belitung Timur.

Di Belitung misalnya. Bustami sempat menjadi tenaga ahli yang diminta pemkab Belitung untuk kemajuan dan pengembangan pembangunan Belitung. Tahun 1999, ia menjadi tenaga ahli untuk Studi Pemanfaatan Kolong Pasca Penambangan Timah untuk kegiatan. Kegiatan ini kerjasama pemda Belitung dengan FPIK IPB. Berikutnya, sebagai tenaga ahli dalam pengembangan Studi Prospek Pengembangan Buah Tropis di Kabupaten Belitung (Sumsel). Kegiatan ini atas kerjasama Pemda Belitung – UMB Jakarta pada tahun 1999.

Selanjutnya menjadi tenaga ahli, dalam pengembangan Studi Kelayakan Pendirian Pusat Pelatihan dan Pengembangan Perikanan di Kabupaten. Belitung. Kegiatan ini kerjasama Pemda Belitung – PK2PTM IPB. Kegiatan ini dilaksanakan tahun 2000.Sementara itu, tahun 2001, ia ditunjuk sebagai tenaga ahli dalam kegiatan KMK Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir di Kab. Belitung. Ini kerjasama DKP – CERACEBI Foundation.

Berikutnya, sebagai tenaga ahli dalam Pembuatan Rencana Detail Tata Ruang Kawasan Wisata Bahari Selat Nasik Belitung. Ini kerjasama antara DKP – PT. Yudha Pratama Langgeng. Pelaksanaanya tahun 2003. Tahun 2006 menjadi tenaga ahli, dalam proyek Evaluasi Komprehensif Kinerja Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir (PEMP) di Kabupaten Belitung Timur. Ini kerjasama DITJEN P2KP-DKP dan DINAS KP KABUPATEN BELITUNG TIMUR tahun 2006.
Ia pun sempat juga menjadi tenaga ahli dalam bidang, Studi Pemanfaatan Hutan Bakau menjadi Obyek Wisata Bahari di Belitung Timur. Ini kersama Kabupaten Belitung Timur pada tahun 2008 lalu.

Bahkan, ia juga menjadi tenaga ahli dalam Penyusunan Konsep Minapolitan Berbasis Pulau-pulau Kecil Kabupaten Belitung Timur. Ini kerjasama Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Belitung Timur pada tahun 2011.Tak hanya itu, ia pun kerap menjadi staf ahli atau tenaga ahli yang diminta oleh pemerintah kabupaten maupun kotamadya maupun pemerintah provinsi di seluruh wilayah Indonesia untuk melakukan survei penelitian serta menjadi narasumber untuk kebutuhan pembangunan. Kini ia tengah mempersiapkan gelarnya untuk mengikuti guru besar. *trawangnews.com