Pasien 034 Covid19 Confirm Positif, Kondisinya Membaik & Terus Dipantau

TANJUNGPANDAN: Rsud H.Marsidi Judono
Rs rujukan covid 19 di Pulau Belitung BABEL, pada hari Minggu, 5 April 2020, pukul 15.30 Wib yang merilis (mengabarkan) bahwa sampai hari ini kondisi kesehatan pasien 034 covid-19 confirm positif dalam kondisi terus membaik dan tadi pasien tersebut sudah dilakukan pengambilan sampel swab noso dan oropharing yang ketiga kalinya setelah dinyatakan positif.

Ke depan, pasen 034 positif covid ini akan terus diambil swab tenggorokan setiap 2 hari sekali untuk pemeriksaan biomedis pcr untuk menentukan perkembangan proses penyembuhan.
Apabila dalam 2 kali berturut-turut pasen 034 covid positif menunjukkan hasil negatif maka pasen tersebut akan dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang.

Begitu pun pasen PDP 044 yang telah keluar hasil swab dengan metode PCR negatif yang juga merupakan anak dari pasien 034 kami juga lakukan pengambilan sampel swab tenggorokan ulang untuk meyakinkan bahwa anak pasien 034 memang benar-benar tidak terinfeksi covid19 positif walaupun hasil rapid testnya didapatkan hasil reaktif.

Selain dua pasien tersebut diatas petugas laboratorim RSUD dr. Marsidi Judono telah mengambil 8 sampel lainnya utk pasen OTG dengan hasil rapid test REAKTIF.

Besok akan direncanakan untuk pengambilan sampel kedua yang semua sampel-sampel swab tenggorokan tersebut akan segera dikirim melalui pesawat udara pada hari selasa 7 April 2020.
Perlu disampaikan bahwa sampai hari ini RSMJ marsidi judono telah menangani 280 orang terkait covid19 yang terdiri atas: 13 PDP, 80 ODP, 186 OTG dan 1 kasus positif covid-19.

Sampai jam 12 siang tadi pun telah melakukan 222 pemeriksaan rapid test kepada pasien PDP, ODP maupun OTG dengan hasil 213 Not Reactive dan 9 Reaktive (8 OTG) krn ada 1 OTG yang diperiksa 2 kali dan hasi dua-duanya Reaktif. Sejauh ini RSMJ pun sedang merawat 7 pasien diantaranya 5 PDP, 1 ODP dan 1 pasien covid19 Positif di ruang isolasi A dan B dan semua pasen yang dirawat dalam komdisi baik dan stabil tidak ada yang sakit berat sampai membutuhkan perawatan dengan bantuan ventilator ataupun alat kedokteran canggih lainnya.

“Agar masyarakat tetap waspada, jalankan terus instruksi pemerintah dan berdoa agar Belitung dapat melalui bencana non alam ini dengan tidak menimbulkan korban,” demikian pers release yang disampaikan Direktur RSUD.H.Marsidi Judono, Gugus tugas Covid 19 Kab. Belitung.*