Home / Bangka Belitung / Perangkat Desa (Kasi) Se- Kab Belitung Ikuti Bimtek yang Difasilitasi DPPKBPMD

Perangkat Desa (Kasi) Se- Kab Belitung Ikuti Bimtek yang Difasilitasi DPPKBPMD

Bagikan :

JAKARTA: Malam ini, Rabu malam/26 april 2017, sekitar pukul 20.00 Wib, digelar pembukaan Bimtek Peningkatan Kompetensi dan Penguatan kapasitas perangkat Desa dalam penyelenggaraan Pemerintah Desa, di Hotel Oasis Amir Jakarta.

Kegiatan bimtek ini diikuti 41 desa dari 42 desa (minus pulau Sumedang) yang pesertanya sekitar 101 orang yang berasal dari perangkat desa (kasi – kasi di desa). Acara ini diselenggarakan mulai tanggal 26 sampai dengan tanggal 30 april 2017.

Kegiatan bimtek ini dihadiri Direktur Evaluasi Perkembangan Desa Ditjen Bina Pemdes Kemendagri RI Dr.Eko Prasetyanto,S.Si,M.Si,MA, Ketua komisi I DPRD Kab.Belitung Syamsudin,SE & anggota Komisi 2 Saryadi, Kadin DPPKBPMD H.Nurman Sunanda,SE,MM beserta Kabid PMD & Kasi Pemdes Budi Swasta.K,S.IP Sekwan Warsito,S.Ag.

Kasi Pemdes Budi Swasta K SIP seizin Kepala DPPKBPMD Kabupaten Belitung kepada trawangnews.com membenarkan adanya kegiatan bimtek ini. Menurutnya, pada pertemuan bimtek tersebut terdapat arahan dan sambutan dari Direktur Evaluasi Perkembangan Desa Ditjen Bina Pemdes Kemendagri RI Dr.Eko Prasetyanto,S.Si,M.Si,MA yang intinya agar adanya peserta aktif dan partisipatif (Pembelajaran orang dewasa).

Hal lain, kata Budi, arahan Direktur juga menyangkut persoalan dana desa sebagai kecil dari UU nomor 6 tahun 2014. Karena itu, ke depan lanjut Budi, berdasarkan arahan direktur diharapkan desa dapat maju, mandiri dan sejahtera. Terlebih lagi, perangkat desa memiliki peranan penting yang sekaligus memiliki kompetensi dan penguatan kapasitas.

Sementara itu, Kadin DPPKBPMD Kabupaten Belitung H.Nurman Sunanda,SE,MM dalam pertemuan bimtek tersebut memohon dukungan kemendagri, kemendes maupun DPRD Kabupaten Belitung agar mendukung secara total upaya peningkatan kompetensi&penguatan kapasitas perangkat Desa dalam penyelenggaraan Pemerintah Desa. “Kita berharap, perlunya ketaatan peraturan dari UU No 6 tahun 2014 sampai perbup,” ungkapnya.

Pada kegiatan pembukaan bimtek tersebut, dilakukan pemasangan tanda peserta secara simbolis atas nama Glori Samudra yang merupakan Kasi Pelayanan Desa Juru Seberang dan atas nama Rustiana Kasi Pelayanan Desa Perpat. *trawangnews.com