Perkuat Sinergitas, Kalapas Kunjungi Bupati & Wabup Belitung

TANJUNGPANDAN: “Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung”, pribahasa yang tepat untuk  menggambarkan kunjungan silaturahmi Kepala Lapas Kelas IIB Tanjungpandan Romiwin Hutasoit, SH, MH, ke Rumah Dinas Bupati, pada Kamis (27/02/2020).

Saat silatuhrahmi, Kalapas didampingi Kasi Adm Kamtib Hardiansyah yang disambut hangat Bupati Belitung H Sahani Saleh, S.Sos, yang  tentunya kunjungan ini untuk pertama kali guna menjalin silaturahmi antara Lapas Kelas IIB Tanjungpandan dengan Pemerintah Kabupaten Belitung.
Saat dialog, Bupati tanyakan kondisi WBP dan bagaimana kegiatan pembinaan bagi mereka.

Terhadap pertanyaan tersebut, Kalapas jelaskan kondisi Lapas saat ini “Alhamdulillah sangat terkendali dan kondusif. Selain itu, disampaikan permasalahan yang saat ini dihadapi, terkait sarana kesehatan di Lapas yang tidak ditunjang oleh ketersediaan obat – obatan yang memadai,” katanya.

IMG 20200227 WA0021
FOTO: kalapas bersama wakil bupati Belitung Usyak Meirobie S.Sn MSi

Untuk mengetahui lebih dalam, Kalapas juga berharap meski ditengah berbagai kesibukan sebagai bupati dan Pejabat daerah, agar bisa untuk singgah ke Lapas untuk bertatap muka dengan WBP.

“Kehadirannya bisa berikan motivasi untuk saudara – saudara kita disana Pak. Sambil ngopi bareng,” ujar Kalapas.
Ajakan tersebut disambut dengan penuh semangat dari Bupati dan dirinya berpesan agar diatur waktu yang tepat.

Sebelumnya, Rabu (26/02/2020), Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan kunjungi Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobi, S.Sn, M.Si.
Wabup ajak Kalapas agar buat terobosan Lapas yang Inovatif. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara sangat kecil sekali.

Di Lapas banyak sampah plastik, kumpulkan dengan cara membentuk Bank Sampah. Ajak WBP untuk menjaga lingkungan tetapi bisa menghasilkan pendapatan bagi mereka. Di belitung saat ini sudah beroperasi pabrik pengolahan sampah plastik yang diolah menjadi berbagai produk berbasis plastik dikampung Ilir Kecamatan Badau. “Salah satunya adalah seng plastik. Kini masyarakat bisa membeli seng plastik dengan harga lebih terjangkau ketimbang seng buatan luar Belitung, dan bahan bakunya dari sampah.
“Ayo pak Kalapas, gak perlu hal besar untuk berinovasi, dari Sampah kita bangun Lapas Kelas IIB Tanjungpandan menjadi Lapas yang Inovatif dan Kreatif dalam membina WBP,” katanya.
Kalapas tuturkan bahwa kunjungan ini untuk dapat banyak masukan untuk mendorong Lapas Kelas IIB Tanjungpandan menjadi lebih maju kedepannya.

“Semangat mencapai predikat WBK dan WBBM harus diikuti dengan inovasi dalam berbagai hal. Saran yang disampaikan dari Bupati dan Wakil Bupati tentunya menjadi masukan bagi kami. Inilah yang kami harapkan, dengan terjalinnya sinergitas yang baik, berbagai kegiatan bisa kita kerjakan bersama di Lapas Kelas IIB tanjungpandan,ujar Romiwin. *Rilis Media Kontributor Berita Pemasyarakatan Lapas Kelas IIB Tanjungpandan