Home / Bangka Belitung / Persediaan Darah Di PMI, Tiga Golongan Darah Cukup, Satu Terbatas

Persediaan Darah Di PMI, Tiga Golongan Darah Cukup, Satu Terbatas

Bagikan :
  • 1
    Share

TANJUNGPANDAN: Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Belitung menyatakan untuk persediaan daerah cukup untuk selama lebaran. Hanya saja, ada kekhawatiran untuk salah satu golongan darah seperti golongan darah A yang dimungkinkan ada kekurangan stock karena kerap dipergunakan rata-rata pasien dirumah sakit, sehingga nantinya kalau darurat bisa mengunakan donor pengganti bila stock di PMI habis.

Kepala TU dan Unit Transpusi Daerah PMI Kabupaten Belitung H Malik Latif yang dihubungi trawangnews.com hari ini Kamis 22 Juni 2017 menyebutkan saat ini persediaan darah sebanyak 63 kantong yang tersedia di PMI Kabupaten Belitung. Dari 63 kantong darah tersebut , kata Malik, saat ini tercatat golongan A sebanyak 4 kantong darah, golongan darah B sebanyak 20 kantong darah dan Golongan darah O sebanyak 35 kantong darah, dan golongan darah AB sebanyak 4 Kantong darah.

“Semua golongan darah itu didapat dari hasil pendonor harian di PMI, Cafe Senang, dan SMA Advent Air Ketekok. Itu sumber kantong darah yang diperoleh,” ungkap Malik.

Dari semua golongan darah itu, Malik mengkhawatirkan bahwa golongan darah A dinilai agak rawan bisa mengalami kekurangan. Karena itu, nantinya bila ada kekurangan terpaksa mengunakan donor penganti.”Nantinya, bisa saja dari keluarga pasein, bila ternyata golongan darah A habis stock di PMI,” ungkapnya.

Namun untuk golongan darah seperti Golongan Darah AB, O, B tidak ada masalah. “Untuk tiga jenis golongan darah ini bisa tertanggulangi dan cukup,” ungkap Malik. *trawangnews.com