Home / Bangka Belitung / Puncak Arus Mudik H-7 Ke Belitung Sudah Mulai Tampak

Puncak Arus Mudik H-7 Ke Belitung Sudah Mulai Tampak

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Puncak arus mudik ke kampong halaman di Belitung pada tujuh hari menjelang lebaran sudah mulai terasa. Ini terlihat sejumlah mahasiswa/pelajar dan masyarakat Belitung yang berada di luar daerah sudah mulai membanjiri kampong halaman. Puncaknya, arus mudik akan terjadi pada tiga hari atau satu hari menjelang lebaran Idul Fitri.

Berdasarkan penelusuran trawangnews.com terlihat para warga perantauan maupun mahasiswa/pelajar mulai menginjakan kaki di pulau Belitung setelah mereka berada di luar daerah. Mereka ada yang menggunakan jalur udara hingga menggunakan jalur laut. Kondisi banyaknya warga yang pulang kampong halaman dipicunya liburan anak sekolah maupun anak perkuliahan sudah lebih dahulu sehingga mereka sejak awal sudah mulai satu persatu hingga puluhan orang sudah berada di pulau Belitong. Entah itu menggunakan jalur laut ataukah menggunakan jalur udara (pesawat).”Kami sudah dari tanggal 14 Juni la datang belitung naik pesawat udara ,” ucap salah seorang Mahasiswa asal Belitung yang kuliah di Yogyakarta kepada trawangnews.com saat berada di Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan Belitung.

Bahkan gelombang arus mudik ke kampong halaman di kalangan mahasiswa dan pelajar akan nampak dan dilaksanakan pada tanggal 20 Juni 2017. Mereka berasal dari berbagai mahasiswa Belitung yang tinggal di berbagai perantauan di Indonesia, seperti Bogor, Semarang, Bandung, Jakarta, Yogyakarta dan wilayah lainnya.

Hanya saja, kebanyakan warga yang mudik pada tiga hari atau satu hari menjelang lebaran adalah para pekerja perusahaan berkaitan dengan masuk kerja pada sebuah perusahaan di luar daerah. Sehingga keberangkatan arus mudik biasanya dijadwalkan sesuai jam kerja libur perusahaan. Meski memang, masih terdapat juga kalangan mahasiswa maupun pelajar. ”Kami baru diberi izin dari perusahaan sekitar tanggal 23 Juni 2017,” ungkap Harman, Warga Perantauan asal Belitung dari Jawa Barat.

Dan tentu saja, puncaknya, arus mudik diperkirakan tiga hari hingga satu hari menjelang lebaran, para warga perantauan akan membludak tiba di Belitung. *trawangnews.com