Home / Wisata Belitung / Selamat Kampong, Tradisi Budaya Kearifan Lokal Pacu Wisata Belitung

Selamat Kampong, Tradisi Budaya Kearifan Lokal Pacu Wisata Belitung

Bagikan :

SIJUK: Sejak boomingnya film Laskar Pelangi pada tahun 2008 lalu Pulau Belitong menjadi sangat populer dengan keindahan baharinya tetapi selain itu sebetulnya Belitong juga memiliki keunikan budaya.

Sebab itu, tanggal 23 Agustus 2020 lalu digelar sebuah acara yang kental sekali dengan tradisi budaya kearifan lokal masyarakat Pulau Belitong , kabupaten Belitung yaitu acara Selamat Kampong, yang bertempat Desa Sijuk.

Acara yg dilakukan rutin setiap tahunnya ini betujuan untuk menjaga keselamatan warga dari segala musibah , bencana , mala petaka dan mara bahaya.

Adapun pelaksanaan acara selamat kampong dipimpin langsung oleh Ketua Adat desa Sijuk Bapak Bambang Irawan atau lebih dikenal oleh masyarakat setempat sebagai Dukun Kampong.

Berbagai rangkaian acara Selamat Kampong di desa Sijuk ini mulai dengan Ritual Nyucor Aik Sembilan , dimana ritual tersebut berisi doa doa , yaitu Doa selamat, Doa tolak bala, Doa Rasul dan Sumpah Rasul.

Adapun ritual Nyucor Aik Sembilan ini di lakukan di perbatasan pertama di Desa Pelepak pute dengan dusun Aik Kalak. Kedua, Desa Sijok dengan dengan Desa Tanjong Tinggi, Ketiga di Desa Sijuk dengan dusun pegarun. Keempat Di Sijuk dengan desa sungai padang dan terakhir Desa sijuk dengan desa Aik Selumar.

Untuk mendukung berbagai rangkaian tersebut, Channel youtube *Belitung Island* pun meliput langsung acara ini dari awal hingga selesai. Dan sejak upload 3 hari lalu Sabtu 29 Agustus 2020 acara yang diberi judul *Selamat Kampong Tradisi Adat Desa Sijok Bangka Belitung* , sudah ditonton lebih dari 4K viewer

Dan untuk lebih dalam bagaimana ritual selamat kampong dapat dibuka dengan klik dan buka dilihat :