Home / Bangka Belitung / Sudarno, Nelayan Petaling Pasok 1,5 Ton Ikan Teri Ke Tanjungpandan

Sudarno, Nelayan Petaling Pasok 1,5 Ton Ikan Teri Ke Tanjungpandan

Bagikan :
  • 95
    Shares

SELATNASIK: Sudarno, satu dari warga Di Dusun Suak Kemang Desa Petaling, Kecamatan Selat Nasik, Belitung yang berprofesi sebagai nelayan.

Di Dusun Suak Kemang itulah berjejer jemuran ikan asin milik Sudarno terutama Ikan Teri yang diletakan diatas parak,– yang tak jauh dari tambatan perahu dergama Suak Kemang, Desa Petaling. “Ikan teri ini biasanya usai dijemur nantinya siap dijual ke luar selat nasik,” ungkapnya membuka pembicaran.

Dari jemuran ikan biasanya Sudarno menjual berkilo-kilo hingga diatas satu ton. Perolehan hasil ikan itu tentunya didasarkan sebuah musim. Bila datang musim barat hasil tangkapan ikannya memang agak berkurang. “Kalau tidak musim barat, bisa raih diatas satu ton,” kelakarnya.

Ikan yang diambil Sudarno merupakan hasil tangkapan di laut pulau Belitung, terutama di pulau Gersik dan perairan petaling hingga ke pulau lima.
“Ikan asin teri biasanya dipasok untuk di Tanjungpandan, dan sekitarnya,” ungkap Sudarno.

Dari hasil tangkapan ikan teri itu, Sudarno memang bisa dapat menghidupkan keluarga serta melakukan berbagai kegiatan usaha nelayan. Karena itu guna menambahkan penguatan usaha nelayan, Sudarno pun telah meminjam dana ke Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang telah diajukan proposal bantuannya beberapa waktu yang lalu.

Alhasil kini Sudarno sebetulnya telah mendapatkan pinjaman kredit setahun yang lalu dari BRI. Dari pinjaman itulah diutak-atik oleh Sudarno dengan melempangkan usahanya berupa pembuatan perahu dan usaha ikan asin.

Disela-sela menjalankan usaha, Sudarno juga menjadi Ketua Koperasi Perikanan Karang Petaling Desa Petaling Kecamatan Selat Nasik. Lewat koperasi yang telah diaktenotariskan ini Sudarno mengembangkan jalur bisnis usahanya. Dan secara kebetulan, yang membina koperasi ini adalah Ani Saputra SPI, Penyuluh Perikanan Bantu Wilayah Bina Kerja Desa Petaling Kecamatan Selat Nasik.

Baca Juga :  Sahani Saleh Buka Musrenbang Kecamatan Selat Nasik

Sudarno menceritakan bahwa lewat koperasi ini dikelola berbagai jenis usaha mulai bidang pengelolaan ikan hingga kepada penjualan solar untuk nelayan khususnya para anggota koperasi.

Sudarno berharap nantinya koperasi yang didirikan bersama nelayan-nelayan ini setidaknya dapat diberikan pinjaman modal baik dari pemerintah pusat, daerah baik itu dari perbankan maupun nonperbankan. trawangnews.com