Home / Bangka Belitung / Nelayan Di Batu Itam Sijuk Takut Tertabrak Karang

Nelayan Di Batu Itam Sijuk Takut Tertabrak Karang

Bagikan :

SIJUK: Para nelayan di Batu Itam,Kecamatan Sijuk Belitung berharap agar adanya penerangan lampu jalur masuk di sekitar perairan laut Batu Itam. Atau namanya kerap disebut lampu pemasukkan karang tengah. Meskipun saat ini ada lampu pemasukan karang tengah, tetapi itu hanya sebagian kecil yang bernyala dan itu pun tidak terlalu terang.

Hal itu diungkapkan beberapa nelayan yang dihubungi trawangnews.com belum lama ini. Menurut mereka, lampu pemasukkan karang tengah di perairan laut Batu Itam sudah layak diganti ataupun ditambah dengan penerangan baru yang lebih terang dari sebelumnya.

“Saat ini ada beberapa titik lampu di kawasan perairan Batu Itam, yang terpasang dan bernyala. Namun hal itu tak terlalu terang. Agar tidak tertabrak karang, perahu nelayan melewati kawasan tersebut perlu ditambah kembali,” katanya.

Yang lebih aneh lagi, karena kondisi tak memadai, lanjut mereka, lampu pemasukan karang tengah itu merupakan patungan dari lampu nelayan-nelayan yang melakukan aktivitas nelayan di perairan Batu Itam.

Asal tahu saja. Lampu pemasukan karang Tengah merupakan salah satu alat dan patokan bagi nelayan untuk melaut yang dipasang malam hari. Dengan adanya lampu pemasukan karang, maka akan memudahkan perahu nelayan terhindar dari terumbu karang, ataupun bisa dipergunakan untuk dimana lokasi tempat untuk jalur kembali ketempat asal alias pangkalan dimana mulai turun.*trawangnews.com

Baca Juga :  Dihadiri Aparat Dinas Perikanan, Nelayan Sungai Samak Bentuk KUB Yang Baru