Home / Wisata Belitung / Terapi Air laut, Ikan Bebulus & Wisata Ke Depan

Terapi Air laut, Ikan Bebulus & Wisata Ke Depan

Bagikan :
  • 2
    Shares

TANJUNGPANDAN: Memancing ikan bebulus rupanya tak hanya sebatas mencari rezeki oleh sebagian warga-warga Belitung saat ini. Pasalnya, belakangan ini memancing bebulus menjadi ajang untuk mencegah berbagai penyakit. Terutama, seperti pencegahan penyakit asam urat atau rematik misalnya.

Tak lah mengherankan bila hari libur kerja, atau pun waktu yang santai, tak sedikit warga yang berekreasi dengan memancing bebulus. Disamping mencari rezeki, ya itu tadi untuk pencegahan penyakit. Kebanyakan yang datang, tak lain adalah warga dari Tanjungpandan.

Tentu saja, dalam memancing bebulus taklah begitu sulit. Hanya bermodalkan jaoran pancing, dan ambong serta sedikit umpan udang atau sedikit mengurangi modal  dengan umpan Pun-pun yang diambil ditepi bakau, biasanya cukup menenami waktu santai dikala memancing bebulus. Kalau orang sebelah siun (alias kampong membalong dan sijuk serta kawasan Pengantungan, Sungai Samak) selalu menjanjikan memancing itu sebagai upaya untuk mengaiz rezeki. Dikalangan masyarakat perkampongan misalnya, sebagian warga memantapkan kehidupan mencari bebulus ke laut sebagai mata pencaharian.”Selain dapat untuk dimakan dan dapat dijual,” ucap Suki seorang nelayan di Pengantungan kepada trawangnews.com.

Dari penelusuran trawang hampir seluruh wilayah perairan laut Belitung, warga memanfaatkan untuk memancing bebulus. Kebanyakan warga Membalong dan warga Sijuk serta warga pengantungan sudah menjadi hal yang rutin. Belakangan, warga tanjungpandan pun tak ketinggalan untuk memancing di laut. Meski jauh dari pedesaan, tak karauan saja, biasanya saban minggu dijadikan ajang untuk tradisi memancing.
Memang saja, memancing ikan sebagai salah satu unsur utama bagi warga. Tapi rupanya belakangan ini sudah banyak diterapkan bukan sekadar untuk memancing, tapi bisa juga digunakan warga sebagai untuk pencegahan penyakit. Pasalnya, lewat memancing ikan dilaut, kaki hingga pinggang akan direndam selama beberapa jam sesuai dengan lamanya memancing. Oleh masyarakat tempo dulu kabarnya, kegiatan memancing juga bisa dipergunakan untuk mengobati berbagai penyakit, seperti rematik ataupun asam urat serta berbagai penyakit lainnya.
Bahkan sejumlah pengamat kesehatan menilai memancing dilaut rupanya juga dapat dijadikan terapi bagi kesehatan. Sebab, air laut yang asin dan direndam selama beberapa jam akan menimbulkan efek sebagai bentuk pengobatan bagi warga terutama untuk mencegah berbagai penyakit.

Tentu saja dimasa mendatang sebetulnya memancing ikan bebulus bisa diagendakan dalam event kegiatan kepariwisataan. Selain bisa dipergunakan untuk mencari nafkah, juga tak menutup kemungkinansebagai ajang kepariwisataan di Belitung. Mancing bebulus mania misalnya salah satu event yang sangat bagus. Ini lantaran hampir seluruh wilayah perairan laut Belitung bisa dipancing dan dengan mudah dipergunakan untuk mancing, di kawasan tiris, Sungai Samak, Pulau Bayan misalnya hanya puluhan kilo meter dari kawasan Tanjungpandan sudah dapat dipenuhi untuk bisa memancing bebulus. Karenanya, usah heran bila kawasan memancing bebulus bisa didapat dimanapun berada. Asalnya, kondisi laut tidak rusak. Melalui memancing bebulus, tentunya bukan hanya untuk mendapatkan rezeki, tapi lebih dari itu factor kesehatan dan kepariwisataan dapat dipetik. Karena itu, dibalik memancing ikan bebulus wajar sebetulnya perlu dijaga kelestarian laut kita.*trawangnews.com