Tiga Orang Nelayan Pulau Seliu Sempat Hilang Melaut Kini Ditemukan

MEMBALONG: Tiga orang nelayan warga Desa Pulau Seliu, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung,  tidak kunjung pulang usai melaut dengan satu unit kapal boat sejak, Sabtu (9/11/2019) lalu, kini kabarnya, sudah ditemukan.

Hal itu dilakukan pencarian dari Tim Pencarian Dinas Perikanan Kabupaten Belitung dipimpin langsung oleh Kasi Pengelolaan dan Pengendalian Sumberdaya Perikanan Kabupaten Belitung Lukinta S.AP beserta tim langsung menuju ke perairan Pulau Seliu.

IMG 20191122 WA0005
Foto Dinas Perikanan Belitung

Adapun tim gabungan yang ikut dalam pencarian ini adalah Basarnas Pos SAR Pulau Belitung, Polair Polres Belitung, Direktorat Polair Polda Bangka Belitung dan TNI AL (Pos Kamla).

Kegiatan pencarian ini berdasarkan  Perintah dari Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie S.Sn, MSi Kepada Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Belitung Firdaus Zamri untuk memperbantukan Armada Laut yaitu Kapal Motor Pari untuk pencarian terhadap Nelayan Pulau Seliu yang dikabarkan hilang melaut.

Maka, hari ini jumat 22 Nopember 2019, Kapal Motor Pari Dinas Perikanan Kabupaten Belitung mendapatkan kabar bahwa Ketiga Nelayan Pulau Seliu yang dinyatakan hilang telah diketemukan oleh Kapal Nelayan yang ikut andil dalam proses pencarian.

Menanggapi laporan tersebut KM Pari segera menuju titik dimana Nelayan tersebut diketemukan untuk melakukan proses evakuasi. KM Nelayan yang hilang beserta awak kapalnya tersebut dalam kondisi mesin rusak, sehingga menyebabkan KM Nelayan tersebut terombang-ambing di lautan dan tak bisa kembali ke daratan. Selanjutnya Ketiga Korban yang dinyatakan selamat dibawa dengan menggunakan KM ke Desa Pualu Seliu.

IMG 20191122 WA0007
Foto : Dinas Perikanan Belitung

Seperti diketahui, Informasi hilangnya nelayan ini juga dituturkan dari Kepala Desa Seliu Edyar. Menurut Edyar  ketiga nelayan tersebut dinyatakan hilang di seputaran lokasi perairan karang tiang (karang genting) atau daerah selatan perairan Pulau Seliu, sebab disekitaran lokasi tersebut mereka sempat jumpai oleh nelayan lain saat sedang melaut dengan titik koordinat “03 38 341.S”, “107 41 216.E”.

Adapun 3 orang Nelayan yang dinyatakan hilang saat melaut adalah bernama Ramadhan Misfari (22), Nurdiansyah (37) dan Tommi (35). Tiga orang ini merupakan nelayan pancing yang mencari ikan dan kepiting laut.*Akun Facebook: Dinas Perikanan Belitung / trawangnews.com