Home / Bangka Belitung / Tahun 81an, TKB Wakili Sumsel Ikuti Pekan Kesenian Indonesia Raya
FOTO:negerikuindonesia

Tahun 81an, TKB Wakili Sumsel Ikuti Pekan Kesenian Indonesia Raya

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Ketika Belitung masih bergabung dengan Sumatera Selatan, prestasi kesenian Belitung cukup membanggakan. Setidaknya, Tim Kesenian Belitung (TKB) sempat ditunjuk untuk mewakili Sumatera Selatan pada acara Pekan Kesenian Raya Indonesia di Jakarta, pada Oktober 1981.

Buletin Suara Masyarakat Belitung memberitakan bahwa Tim Kesenian Belitung bisa mengikuti pekan kesenian raya di jakarta setelah berhasil nenjadi tim terbaik pada acara lomba gelar Pekan Kesenian se Sumatera Selatan yang bertempat di Sungai Liat, Bangka, 31 Agustus hingga 4 September 1981.

Dalam pekan itu dipergelarkan tari serta diadakan temu seniman teater dari  5 tingkat 11, Kodya Palembang, Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Bangka, Kodya Pangkal Pinang dan Kabupaten Belitung.

Belitung sendiri memboyong sebanyak 19 orang yang dipimpin Margono, HS (Kepala Seksi Kebudayaan Kantor Kandep P& K Belitung dan pelatihnya Zuhair Saridin (Pak Pu).

Belitung ketika itu menampilkan tari sepen serta diperdengarkan lagu ciptaan Abdul Hadi, seperti Kayu Kayan, Batu Satam, Gi Nyulo.

Suatu hal membanggakan,  tim kesenian Belitung berkali- kali ditayangkan  di stasiun TVRI Palembang karena berhasil menjadi juara terbaik pada pekan kesenian tingkat Provinsi Sumatera Selatan hingga akhir ditunjuk jntuk mewakili pada acara pekan kesenian Raya di Jakarta. *Foto: negerikuindonesia.*trawangnews.com