Home / Bangka Belitung / TIM KKN PPM UBB Boyong Produk Seliu di Belitung Fair 2017

TIM KKN PPM UBB Boyong Produk Seliu di Belitung Fair 2017

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: UMKM Pulau Seliu  turut menjadi peserta di Belitung Fair 2017, yang dipusatkan di kawasan Pantai Tanjungpendam, Belitung dari tanggal 27 Juli hingga 31 Juli 2017 lalu. Tak kurang omset yang diterima berkisar dua jutaan selama beberapa hari digelarnya Belitung Fair 2017.

Tentu saja,  keikutsertaan UMKM Pulau Seliu tak lepas dari dukungan dari TIM KKN PPM UBB 2017. Betapa tidak, keikutsertaan ini sifatnya program dadakan sehingga stand produk Seliu dapat diboyong pada acara Belitung Fair 2017.

Awal kisahnya seperti ini. Ketua Divisi Pemberdayaan Masyarakat Slamet yang merupakan mahasiswa Manajemen UBB baru di beritahu ketika sampai di Tanjungpandan satu hari sebelum berangkat ke Pulau Seliu.

Salah seorang dari aparat Dinas Koperasi memberikan kesempatan bagi Pulau Seliu untuk mengenalkan produknya dalam acara Belitung Fair tersebut. Stand pun diberikan secara gratis, tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Persiapan pun hanya dilakukan dalam 4 hari, terhitung dari tanggal 22  Juli hingga  25 Juli.

Karena mendapatkan kesempatan, maka mereka harus bekerja ekstra mulai pukul 14.00 Wib siang hingga pukul 12 malam. Ini dilakukan mulai dari pengumpulan produk, pendesainan kemasan, serta pengemasan dilakukan oleh mereka bersama POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata).

Produk-produk asli Seliu yang diikutsertakan diantaranya Pletek, VCO (Virgin Coconut Oil), Jerurai, Asam Kandis, Emping Melinjo, Kerupuk Ikan, Kerupuk Ganepo, Minyak Kelapa, Kaos Oblong, Gantungan Kunci.

Namun, produk yang sangat laku yaitu  Asam Kandis. Hanya menyisahkan sedikit di hari terakhir. Kerja sama yang terjalin erat membuahkan hasil yang maksimal, terbukti dari keikutsertaan mereka yang hanya 4 hari, (27-30 Juli) omzet mencapai hampir dua  jutaan. Walau sempat sepi pada hari pertama, hujan deras dan angin deras yang menerjang Pantai Tanjung Pendam Lokasi Belitung Fair tak menyurutkan semangat mereka. Dan untunglah, hari kedua hingga keempat makin ramai pembeli.* Sumber: Junita, TIM KKN PPM UBB 2017, Kurniawan, S.Pd.,M.Si , Christianingrum, S.Pd., M.M , Anggraeni Yunita, S.E., M.Si