Home / Bangka Belitung / Untuk Eksistensi, RAPI Bakal Sosialisasi Untuk Masyarakat Dan Nelayan

Untuk Eksistensi, RAPI Bakal Sosialisasi Untuk Masyarakat Dan Nelayan

Bagikan :
  • 2
    Shares

TANJUNGPANDAN: Usai dilantik pengurus RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) Belitung, rencananya dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi bakal mengelar kegiatan sosialisasi kepada masyarakat maupun para nelayan. Untuk sosialisasi ini akan dilakukan secara bertahap di tingkat kecamatan.

“Secara legalitas pengurus sudah ada. Kita perlu lakukan sosialisasi lebih lanjut kepada masyarakat terutama kepada nelayan,” ujar Ketua Pengurus Wilayah Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Belitung, Edi Usdianto ST Msi.
“Mengenai waktu, akan kita susun dulu, jadwal per kecamatan dalam wilayah kabupaten Belitung,” ungkapnya.

Menurut Edi, perlunya sosialisasi kepada nelayan karena peran dari RAPI Belitung terdapat tugas dan tanggungjawab sosial dalam pengelolaan bantuan komunikasi bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terutama bagi masyarakat dan nelayan.

“Kalau di tengah laut saat ada kejadian, mereka para nelayan bisa meminta bantuan RAPI dalam hal berkomunikasi. Ada biasanya gelombang 14.3830,” ungkapnya.

Dia menyebut saat ini keberadaan RAPI tidak hanya dalam bentuk gelombag HT, namun juga berupa sosialisasi lewat teknologi melalui internet.

“Memang sesuai dengan Misi dan Visi dibidang jaring komunikasi radio termasuk penggunaan radio over internal Protocol (ROIP) untuk pengabdia masyarakat,” ungkap Edi.

Selain itu, kata Edi, Fungsi RAPI lainnya diantaranya untuk mengatasi kebutuhan fasilitas komunikasi dalam hal keselamatan negara, jiwa manusia (SAR), keterlibatan masyarakat, bencana alam, dan kecelakaan serta menerima dan menyalurkan berita-berita sebagaimana dimaksud diatas kepada instansi/lembaga yang berhak menerimanya. *trawangnews.com