Home / Sejarah / Untuk Pengabdian Daerah, KA Rahad Tinggal Di Depan Eks LP Tanjungpandan
?

Untuk Pengabdian Daerah, KA Rahad Tinggal Di Depan Eks LP Tanjungpandan

Bagikan :
  • 3
    Shares

TANJUNGPANDAN: Dimasa pemerintahan KA Rahad memimpin Belitung, pendiri kota Tanjungpandan ini sempat mendirikan rumah dikediaman rumahnya di depan Eks Lembaga Pemasyarakatan (LP) Tanjungpandan sebagai salah satu tempat untuk menunaikan tugas-tugas pelayanan publik sebagai kepala pemerintahan.

Cerita itu diungkapkan Bupati Belitung H Sahani Saleh S.Sos baru-baru ini baik saat menyampaikan ulasan singkat dari KA Rahad saat kegiatan ziarah ke Makam KA Rahad hari ini Jumat, 7 Juli 2017 maupun saat acara paripurna penyampaian hari jadi kota Tanjungpandan ke 179, di Gedung DPRD Kabupaten Beltung beberapa hari yang lalu.

Menurut Bupati Belitung H Sahani Saleh yang biasa dipanggil Sanem, KA Rahad memerintah tahun 1821-1854 yang berkedudukan ditanah Cerucuk. Pendiri kota Tanjungpandan ini dilantik sebagai Depati Cakra Nigrat pada tanggal 1838.

Setelah beberapa lama memerintah, kata Sanem, KA Rahad memindahkan pusat pemerintahannya ke Tanjung Gunung (Mess Bukit/Dian Sekarang). Sedangkan untuk kediamannya, kata Sanem, pendiri KA Rahad mendirikan rumah didepan Eks Lembaga Pemasyarakatan di Tanjungpandan dan sempat mendirikan rumah disekitar Masjid Agung Al Mabrur (Kampong Ume). *trawangnews.com