Home / Sejarah / Wahab Azis, Sekda yang menjadi Bupati Belitung

Wahab Azis, Sekda yang menjadi Bupati Belitung

Bagikan :
  • 404
    Shares

TANJUNGPANDAN: Wahab Azis merupakan salah satu dari Bupati yang sempat memimpin daerah Belitung. Ia memimpin Belitung setelah mengantikan Zainal Abidin Pagar Alam tahun 1959.

Bahkan, sebelum menjadi Bupati Belitung, Wahab Azis juga sempat menjadi Sekda Belitung di era Kepemimpinan Bupati Zainal Abidin Pagar Alam.
Saat Wahab Azis menjabat, Ketua DPRD Belitung saat itu dijabat Asim Idris dan jabatan Sekda Belitung dipercayakan kepada Sayuti Saridin.

Saat Bupati Wahab Azis, kegiatan operasional di pemerintah daerah kala itu baru ada dua unit mobil pejabat. Satu mobil dinas Bupati dan satu sedan pontiac. Sedangkan sistim pola kerja diubah dari yang sebelumnya pola kerja dinas peninggalan Belanda, seperti Dinas Pekerjaan umum yang dulunya bernama V & W, kehutanan (Boschwezen) serta dias pendidikan dan kebudayaan.

Memang kala Bupati Wahab Azis, upaya penataan tak mudah. Ini lantaran kala itu memang keterbatasan dana dan sumber daya manusia yang dimiliki pemerintah daerah.

Apalagi kala itu, minat untuk bergabung menjadi pegawai negeri ketika itu minim. Masyarakat Belitung lebih tertarik menjadi karyawan PN Timah.

Sisi pemerintahan dan politik, Wahab Azis sempat menjadi Ketua DPRD Gotong Royong pada tahun 1960.Wahab Azis memimpin Belitung dari tahu 1959-1967 dan Wakil Ketua DPRD GR dijabat Arbaie Mamat. Setelah Wahab Azis, posisi Ketua DPRD GR digantikan KA Sani Hamid hingga tahun 1966. /(Foto ; Istimewa).*