Home / Sejarah / Work Shop Pembuatan Film Dokumenter Tahun 2020
Kepala UPT Museum dan Taman Satwa Pemkab Belitung Drs. Julias Suryanto

Work Shop Pembuatan Film Dokumenter Tahun 2020

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Hari ini Sabtu, 11 Juli 2020, digelar work shop pembuatan film dokumenter, tahun 2020, yang bertempat di museum pemkab Belitung.

Acara kegiatan ini dihadiri, perwakilan staf dari dinas pendidikan Kabupaten Belitung, Kepala UPT Museum dan Taman Satwa Pemkab Belitung Drs. Julias Suryanto, serta para undangan lainnya. Peserta yang hadir pada acara ini harus mengikuti penerapan protokol kesehatan.


Pada acara work shop ini sebagai nara sumber diantaranya Ismoyo, Salim YA, Iqbal, Ade Sukmana. Sedangkan peserta acara work shop ini sebanyak 48 orang yang terdiri dari masyarakat umum dan pelajar.

Seperti diketahui, lomba film dokumenter yang akan dilaksanakan tanggal 1 Juli sampai dengan 20 Agustus 2020, yang bertempat di Museum Pemkab Belitung, di Tanjungpandan.

Sebagai penyelenggara adalah UPT Museum Pemkab Belitung, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung.
Sedangkan tema yang diangkat dalam lomba ini adalah, ada cerita dibalik benda sejarah koleksi museum.

Adapun persyaratan lomba diantaranya,
1. lomba dilaksanakan 1 Juli sampai 20 Agustus 2020
2. Peserta lomba dukumenter tahun 2020 dari umum dan pelajar se Kabupaten Belitung.
3. Setiap peserta/sekolah berhak mengirimkan garapan maksimal 1 (satu) karya terbaik.
4. Materi film dengan memilih salah satu yang bersumber dari kolejsi museum, a.l: koleksi makan bedulang, nisan KA Rahad, Pakaian Pengantin Cina, Pakaian Manterl (cina), pencari tumah, patung Hananjuddin, Tambang Timah, Patung pengawal raja badau, peninggalan barang-barang kapal tenggelam, kubahbmasjid badau (syekh Abu Bakar Abdullah), meriam zaman belanda.
5. Peserta wajibvmendeskripsikan/menarasikan pengembangan koleksi yang dipilih.
6. Film tidak mengandung unsur sarah
7. Peserta yang akan ikut lomba diharapkan segera dapat menginformasikan keikutseraannya dan mengirimkan nama nama peserta kepada panitia paling lambat tanggal 10 Juli 2020.
8. Workshop peserta lomba akan dilaksanakan pada hari sabtu 11 juli 2020, pukul 09.00 wib sampai dengan selesai, yang bertempat di halaman belakang UPT Museum Tanjungpandan (dengan menerapkan protokol kesehatan).
9. Penggarapan karya tanggal 12 juli sampai dengan 15 Agustus 2020.

Adapun ketentuan lomba, diantaranya
1. Durasi film untuk umum menimal 7 menit dan maksimal 15 menit. Dan untuk pelajar 5 menit dan maksimal 12 menit.
2. Ide dan naskah karya asli peserta sedang gambar dan musik kalau menggunakan karya orang lain harus disertakan sumber data.
3. Peserta menyerahkan naskah cerita hard copy, sof copy ke panitia UPT Museum Tanjungpandan paling lambat tanggal 16 Agustus 2020.*