Gemawira Beltim Gelar Halal Bihalal dan Diskusi Program Gempar untuk Penguatan Ketahanan Pangan Keluarga

Kedepannya, Gemawira berharap agar pelaku UMKM di Belitung Timur dapat terus berkembang, berjejaring, dan mengembangkan program-program yang mendukung ketahanan pangan keluarga secara berkelanjutan serta menjadi pemasok kebutuhan bahan baku bagi para pelaku usaha UMKM

MANGGAR: Pada Jumat, 26 April 2023, Gerakan Masyarakat Wirausaha (GEMAWIRA) Belitung Timur menggelar acara halal bihalal di kediaman salah satu anggota Gemawira Beltim, yang juga pemilik B’Dapoer Devi, untuk mempererat silaturahmi di antara pengurus dan anggota Gemawira Beltim.

Acara tersebut dihadiri oleh Bambang Suherly, Ketua Gemawira Beltim, Istanty Safitri, auditor Halal MUI Babel yang juga pembina Gemawira Pulau Belitong, Haryanto, Ketua Wilayah Gemawira Pulau Belitong, Adiwira, Sekretaris Gemawira Kabupaten Belitung, serta pengurus dan anggota Gemawira Kabupaten Belitung Timur. Meskipun undangan telah dilayangkan kepada Bupati Belitung Timur dan Kabid UMKM Belitung Timur, keduanya tidak dapat hadir karena berbagai keterbatasan.

IMG 20240428 064415

Gemawira, sebagai wadah komunitas masyarakat berwirausaha, memiliki program inkubasi startup bernama GEMPAR (Gerakan Menanam Pangan Rakyat) yang terus berkembang dan berkelanjutan, bertujuan untuk memberikan manfaat bagi lingkungan keluarga dan masyarakat. Selain memperkuat silaturahmi, program lanjutan Gemawira untuk tahun 2024 meliputi pelatihan kewirausahaan yang salah satunya fokus pada GEMPAR untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga.

Bambang Suherly mengapresiasi kegiatan ini dengan hadirnya Bang Sutami, penyuluh pertanian, yang menjelaskan bagaimana memperkuat ketahanan pangan keluarga bagi anggota Gemawira dan pelaku UMKM melalui Gemawira Praktek Usaha Rame-Rame (GEMPUR). Salah satu inisiatif yang diusulkan adalah penanaman bawang merah untuk meningkatkan softskill anggota Gemawira dan pelaku UMKM.

Kedepannya, Gemawira berharap agar pelaku UMKM di Belitung Timur dapat terus berkembang, berjejaring, dan mengembangkan program-program yang mendukung ketahanan pangan keluarga secara berkelanjutan serta menjadi pemasok kebutuhan bahan baku bagi para pelaku usaha UMKM.*