Home / Bangka Belitung / Sorghum, Alternatif Penganti Beras Kini Mulai Dijajaki Ditanam di Pulau Belitung
IMG_20221208_090250

Sorghum, Alternatif Penganti Beras Kini Mulai Dijajaki Ditanam di Pulau Belitung

Bagikan :

SIJUK: Sorghum, kini menjadi alternatif penganti nasi, yang sama dengan kualitas dan cocok ditanam di Pulau Belitung, Provinsi Bangka Belitung.

Salah satunya, Sorghum yang sudah ditanam di Belitung, tepatnya di Desa Batu Itam Sijuk. Saat ini sudah dilakukan penanaman perdana kerjasama antara Dinas Pertanian dan Holti Kultara, Kabupaten Belitung dengan PT.Prabu Bintang Nusantara, (Direktur Utama Ibu Linda) serta Kelompok Tani Prabu M70. Di Aik Kemang (HTR BATU HITAM,SIJUK).

IMG_20221208_090152

Kelompok Tani Saviri, membenarkan melakukan penanaman adanya kegiatan perdana tanam Sorghum di kawasan desa batu Itam.
Menurutnya, acara perdana ini dihadiri perwakilan dari Dinas Pertanian dan Holti Kultara, Provinsi Bangka Belitung dan perwakilan PT. Prabi Bintang Nusantara.

Untuk diketahui, Sorgum merupakan jenis biji-bijian yang mungkin kurang dikenal di pasaran. Meskipun kurang populer dibanding biji-bijian lainnya (beras, gandum, jagung), sorgum sebenarnya memiliki manfaat kesehatan, bahkan bisa jadi pengganti nasi.
Adapun Sorgum merupakan biji-bijian yang sama baiknya seperti gandum, beras, dan jagung. Manfaat sorgum yang jarang diketahui yaitu mengurangi peradangan, mencegah kanker, dan aman dikonsumsi pengidap penyakit celiac.*