Diselenggarakan Kanwil Kemenkumham Babel,  Antusiasme Pelajar SMA di Belitung Timur Hadiri RuKI Goes to School

Inisiatif RuKI Goes to School diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Babel sebagai bagian dari rangkaian perayaan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia yang akan jatuh pada 26 April 2024 mendatang.

MANGGAR: Sebanyak 100 pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Belitung Timur telah menyemarakkan kegiatan guRu Kekayaan Intelektual (RuKI) Goes to School, yang digelar di SMAN 1 Manggar pada Rabu, 24 April 2024.

Inisiatif RuKI Goes to School diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Babel sebagai bagian dari rangkaian perayaan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia yang akan jatuh pada 26 April 2024 mendatang.

Kepala SMAN 1 Manggar, Sabarudin, dengan antusias menyambut kegiatan RuKI Goes to School. Menurutnya, kegiatan ini menjadi momen penting bagi pelajar SMA di Belitung Timur untuk lebih memahami perlindungan terhadap Kekayaan Intelektual.

Sabarudin juga menegaskan bahwa seragam batik khas SMAN 1 Manggar merupakan hasil karya siswa yang pernah meraih juara dalam kompetisi desain tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Namun demikian, hak cipta atas desain tersebut belum tercatat, sehingga pihak sekolah berencana untuk berkoordinasi dengan Kanwil Kemenkumham Babel guna melakukan pencatatan hak cipta.

IMG 20240425 083251
kegiatan guRu Kekayaan Intelektual (RuKI) Goes to School, yang digelar di SMAN 1 Manggar

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V (Belitung dan Belitung Timur), Adi Zahriadi, menjelaskan bahwa pembelajaran di sekolah saat ini telah diatur lebih fleksibel dengan adanya Kurikulum Merdeka. Melalui pembelajaran yang lebih menyenangkan, termasuk dengan mengalokasikan 30% waktu untuk eksplorasi di luar kelas, diharapkan akan memunculkan lebih banyak inovasi di kalangan pelajar.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Adi Riyanto, memberikan pengingat akan pentingnya menghargai hak cipta orang lain serta menghindari praktik pembajakan dan penyalahgunaan nama merek orang lain.

Acara RuKI Goes to School dihadiri oleh 100 siswa perwakilan dari 4 SMA di Kabupaten Belitung Timur, termasuk SMAN 1 Manggar, SMAN 1 Kelapa Kampit, SMAN 1 Gantung, SMAN 1 Damar, dan SMAN 1 Simpang Pesak. Hadir juga dalam kegiatan ini Kepala Subbidang Kekayaan Intelektual, Marsal Saputra, beserta para guru pendamping.

Kakanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto, berharap melalui RuKI Goes to School ini, para siswa SMA di Belitung Timur akan semakin memahami pentingnya perlindungan dan penghargaan terhadap Kekayaan Intelektual. Diharapkan, kegiatan ini akan memotivasi mereka untuk lebih aktif dalam berkarya, berinovasi, dan mendaftarkan Kekayaan Intelektual yang dimiliki.*