Home / Bangka Belitung / Geopark Belitong Mendunia, LAMBEL Ingatkan Pemkab Soal Lingkungan
IMG_20210508_095406

Geopark Belitong Mendunia, LAMBEL Ingatkan Pemkab Soal Lingkungan

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: LAMBEL (Lembaga Adat Melayu Belitong) ingatkan pemerintah daerah untuk antisipasi terkait persoalan lingkungan di Belitung.

Hal ini disampaikan Ketua LAMBEL Drs. H. Abdul Hadi Adjin, kepada media ini baru baru ini.

Menurutnya,  saat ini di kabupaten Belitung bukan rahasia umum lagi eksploitasi lngkungan tanpa batas yang mengabaikan aspek kearifan lokal, adat dan budaya.

“Saran LAMBEL segera diadakan evaluasi berbagai jenis tambang. Bila sudah habis izin jangan diperpanjang lagi, “kata Hadi

Hadi sebut saat ini aksi  terjadi kerusakan lingkungan yang diakibatkan ilegal mining, iligal Logging serta kotornya DAS (daearah aliran sungai) berbagai wilayah kabupaten Belitung.
Bila ini dibiarkan, kata Hadi akan berdampak pada terjadinya banjir , longsor serta terjadinya mala bencana di kabupaten Belitung.

“Kita sudah tahu Bupati Belitung sudah naikan Belitong terangkat dimata dunia lewat geopark Belitong.  Sebab itu, pak bupati harus berani,
menyetop dengan tegas,
Izin tambang yang merusak lingkungan tersebut,” katanya.

Jika bupati belitung berhasil  mengendalikan Kerusakan lingkungan hidup Belitung, maka lanjut Hadi, masyarakat belitung akan menghormati dan mengenang sepanjang masa dan satu-satunya bupati belitung yang peduli kepada anak cucunya yang akan datang.

“Begitu juga juga gunung-gunung, batu-batu yang ada di kecamatan  membalong misalnya tidak ditambang dan dirusak tapi dijaga sebagai aset geosit Geopark dan kearifan lokal harus dilestarikan. Inilah harapan LAMBEL kepada Bupati Belitung yang juga  mantan ketua KNPI yang sekarang mempunyai kewenangan untuk menyelamatkan lingkungan hidup.Dan saya  yakin Bupati Belitung mampu dan berani melaksanakan kebijakan tersebut,” katanya.

Hadi juga ingatkan bahwa tim pusat kementerian lingkungan hidup memiliki perhatian serius serta lakukan pengawasan sekaligus untuk memelihara DAS dan lingkungan hidup termasuk menjaga kearifan lokal khususnya di kabupaten Belitung.*